Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan
Vol 18 No 1 (2021): Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan

Penggunaan Know What Learned (K-W-L) Strategy untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Report Text

Atik Zulaikah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca teks ilmiah dengan menggunakan Strategi K-W-L (Know-What-Learned) pada siswa SMA kelas XI IPA. Partisipan penelitian ini berjumlah 36 siswa dipilih menggunakan teknik purposive sampling. lnstrumen penelitian terdiri atas terdiri atas tes dan non-tes. Adapun instrumen tes berupa pilihan ganda yang berjumlah 20 item. Sedangkan instrumen non-tes lembar pengamatan. Prosedur pengumpulan data melalui pemberian tes tertulis dan pengamatan. Prosedur analisis data berdasarkan siklus (di setiap akhir siklus). Temuan penelitian menunjukkan bahwa hasil tes tentang kemampuan menulis siswa diperoleh nilai rata-rata siklus I sebesar 74,14 hasil rata-rata siklus II sebesar 83,06 hasil tersebut menunjukkan kenaikan sebesar 8,92 point dari siswa yang tuntas belajar pada siklus I 66,65% dan pada siklus II siswa yang tuntas belajar sebesar 83,32% terjadi kenaikan sebesar 16,67% berarti hasil belajar siswa dapat meningkat, dengan menggunakan strategi pembelajaran K-W-L. Hasil dari kedua siklus ini didukung oleh data hasil pengamatan selama proses penelitian berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi K-W-L dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Aspek Membaca Report Text.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jlmp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan(JLMP) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) DKI Jakarta.Scope JLMP meliputi penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan ...