Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2022): Februari

MEDIA VIDEO MATERI PEMBAGIAN DENGAN CARA PANLANG (PENGURANGAN BERULANG) UNTUK SISWA KELAS 2 SD A. Setyowati1*, I G A Tri Agustiana2 , I N Laba Jayanta3

Ajeng Setyowati Ajeng (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
I Gusti Ayu Tri Agustiana Tri Agustiana (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
I Nyoman Laba Jayanta Jayanta (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Pembelajaran di kelas tidak menggunakan media yang dapat membantu siswa dalam memahami pelajaran dan menarik perhatian mereka akibatnya adalah kurangnya minat belajar di kalangan siswa. Penelitian ini untuk menghasilkan media video materi pembagian dengan cara PANLANG (Pengurangan Berulang) untuk siswa kelas II SD. Model ADDIE digunakan dalam penelitian ini sebagai model pengembangan. Subjek penelitian ini melibatkan dua ahli materi, dua ahli media dan desain, satu ahli praktisi, dan tiga kelompok kecil termasuk di antara peserta dalam penelitian ini. Pendekatan kuesioner dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa media video pembelajaran memiliki persentase yang sangat baik, menurut ahli isi materi pembelajaran. Menurut pakar desain media/pembelajaran, media memiliki proporsi keberhasilan yang tinggi. Media memiliki persentase sangat baik berdasarkan evaluasi praktisi, dan persentase sangat baik berdasarkan jawaban siswa dengan uji coba perorangan dan kelompok. Dari hasil analisis tersebut, maka produksi materi media video pembagian untuk siswa kelas II SD menggunakan PANLANG (Pengurangan Berulang) dinyatakan valid dan memiliki kualifikasi sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMTP

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) is specifically publish journal articles in the field of innovation in education and teaching learning in the classroom especially learning at an early age level, primary education, to higher education. Therefore, the scope of JMTP includes: 1) ...