JURNAL CURERE
Vol 5, No 2 (2021): VOL 5 NO 2 Tahun 2021

PERANAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING

Rizki Bastanta Manalu (UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI)
Aser Paul Nainggolan (UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2021

Abstract

Covid-19 yang dilanda dunia termasuk Indonesia sehingga menyebabkan pemerintah pembelajaran daring dalam kurun waktu tidak dapat ditentukan. Ini sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dan kegiatan pembelajaran tetap terlaksana. Penguasaan teknologi sangat diperlukan dan diketahui oleh siswa dan pendidik. Selain itu, orang tua adalah salah satu orang yang bertanggung jawab terhadap pendidikan anak. Sehingga dalam hal ini, peranan orang tua sangat dibutuhkan untuk membantu hambatanhambatan yang mungkin akan timbul. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring, mengetahui bagaimana peranan orang tua dalam pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis studi kasus dan jumlah sampel sebanyak 12 siswa dan 12 orang tua kelas XI SMA Angkasa 1 Lanud Soewondo. Teknik pengumpulan data dengan angket. Sedangkan analisis data dilakukan tiga tahap yaitu redukasi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di kelas XI SMA Angkasa 1 Lanud Soewondo ini dengan menggunakan aplikasi WhatsApp dan google classroom yang digunakan untuk latihan soal dan ujian. Adapun bentuk peranan orang tua yaitu (a) memperhatikan proses belajar anak; (b) memberikan pengertian bahwa dengan belajar cita-cita anak akan tercapai; (c) memberikan hadiah dan hukuman; (d) memberikanfasilitas belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

CURERE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal contains writings on the results of research in the field of Teacher Training either from Universitas Quality Lecturers and or from the others. The scopes of the research includes curriculum, teaching- learning, evaluation, quality education, management, and education ...