JURNAL CURERE
Vol 6, No 1 (2022): VOL 6 NO 1 Tahun 2022

ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Heryanto Heryanto (Universitas Quality)
Siswita Br Sembiring Sembiring (Universitas Quality)
Jainal B. Togatorop Togatorop (Universitas Quality)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah kurang maksimalnya hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi penyelesaian masalah yang berkaitan dengan materi jarak, waktu dan kecepatan. Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui kemampuan, kesulitan, dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan masalah berkaitan dengan menentukan jarak, waktu dan kecepatan. Sebagai populasi semua kelas V SD Negeri 040551 Lau Pakam Tahun Ajaran 2020/2021 yang mengumpulkan 30 siswa dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif.Berdasarkan analisis data dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan materi jarak, waktu dan kecepatan yang diperoleh; (1) kemampuan siswa termasuk kriteria rendah dengan rata-rata 24,29, (2) siswa kesulitan memahami tentang waktu, mengubah waktu, jarak, dan kecepatan, (3) faktor penyebab kesulitan siswa adalah mengubah ukuran, dan kecepatan, guru kurang maksimal menggunakan media pembelajaran, kurang perhatian dari orang tua. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CURERE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal contains writings on the results of research in the field of Teacher Training either from Universitas Quality Lecturers and or from the others. The scopes of the research includes curriculum, teaching- learning, evaluation, quality education, management, and education ...