Agrita
Vol 1, No 2 (2019): DECEMBER

TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN BERAS PANDANWANGI BERSDASARKAN BENTUK, ORIGINALITAS, MEREK DAN HARGA BERAS (Studi kasus di Wilayah pemasaran beras pandanwangi di Kabupaten Cianjur)

M Yahya Ahmad (Fakultas Sains Terapan, Universitas Suryakancana Cianjur)
Sherayati Undih Mohammad (Fakultas Sains Terapan, Universitas Suryakancana Cianjur)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Kabupaten Cianjur merupakan salah satu sentra produksi padi di Provinsi Jawa Barat. Sekitar 96 persen produksi padi dipasok dari lahan sawah irigasi dan sawah tadah hujan dengan menggunakan varietas unggul sedangkan lahan kering yang tersebar di semua Kecamatan belum banyak berkontribusi dalam peningkatan produksi padi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bentuk beras, originalitas, dan merek beras pandanwangi terhadap harga dan kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur dengan Statistical Package For Social Sciance (SPSS) Versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bentuk berasmempunyai pengaruh tidak langsung secara signifikan terhadap kepuasan konsumen melalui harga beras dan mempunyai pengaruh langsung terhadap harga. Variabel originalitasdan harga mempunyai pengaruh langsung terhadap variabel kepuasan konsumen, sedangkan variabel lainnya tidak mempunyai pengaruh langsung terhadap harga dan kepuasan konsumen. Variabel yang memiliki pengaruh paling besar adalah harga, hal ini menunjukkan bahwa konsumen memilih beras pandanwangi yang memiliki nilai harga tinggi karena dapat menjamin keaslian dan kualitas beras.

Copyrights © 2020