Berdasarkan prasurvey yang telah dilakukan diketahui bahwa belum adanya Bahan Ajar yang sesuai guna memfasilitasi mahasiswa dalam mempelajari geoemtri dasar. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar berbasis penemuan terbimbing pada mata kuliah Geometri Dasar yang valid dan praktis untuk digunakan dalam memfasilitasi pencapaian kemampuan belajar mahasiswa. Subyek Penelitian dalam penelitian ini adalah 10 mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Metro. Pada penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian dan Pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengadaptasi model Plomp (2013) yang memiliki tiga tahap yaitu Preliminary Research, Prototyping, dan Assesment. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, dan lembar angket. Berdasarkan dari hasil penelitian untuk memenuhi kriteria valid, diperoleh rata-rata hasil dari 3 validator memberikan nilai 109 dengan persentase 75,69% tergolong kriteria cukup valid. Uji coba terbatas kepada mahasiswa diperoleh nilai 3,11 yang masuk dalam kategori praktis/mudah. Penelitian berikutnya yang dapat dilakukan adalah menguji keefektifan bahan ajar geometri dasar berbasis penemuan terbimbing yang telah dikembangkan tersebut.
Copyrights © 2021