Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemahaman konsep natematis dan fakta rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model learning cycle 5e lebih baik dari model pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Ciampel dengan pengambilan sampel menggunakan teknik pusposive sampling dipilih kedua kedua kelas yaitu kelas VIIA dan VIIB yang masing-masing 38 responden dari 386 siswa kelas VII. Teknik pengumulan data adalah dengan menggunakan tes uraian terdiri dari tujuh soal. Berdasakan analisis statistik data N-gain disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model learning cycle 5e lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, dan Model Learning Cycle 5e
Copyrights © 2021