Jurnal Manajemen dan Bisnis
Vol 6 No 2 (2018): Vol 6 No 2(2018)

PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMSI SISWA

Khamo Waruwu (Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tjut Nyak Dhien)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumsi siswa, pengaruh kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumsi siswa, dan pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan kelompok teman sebaya secara bersama-sama terhadap perilaku konsumsi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan explanatory research bertujuan untuk mendeskripsikan suatu masalah berdasarkan hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat serta menentukan tingkat hubungan antara variabel tersebut. Sampel berjumlah 113 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara dua variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 0.936 mendekati 1, dan ini berarti bahwa terjadi hubungan yang sangat erat antara variabel status sosial ekonomi dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumsi. Persentase sumbangan pengaruh variabel status sosial ekonomi dan kelompok teman sebaya terhadap perilaku konsumsi diketahui sebesar 87.6 %, sedangkan sisanya sebesar 12.4 % dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmdb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

manajemen pemasaran, sumber daya manusia, keuangan & aplikasi pasar modal, bisnis syariah, kewirausahaan, kemitraan, operasional termasuk logistic, manajemen perpajakan, manajemen syariah, ekonomi syariah, dan manajemen pemerintahan, akuntansi serta ekonomi ...