Tujuan penelitian ini adalah bagaimana implementasi manajemen strategik di Baitul Tamwil Muhammadyah (BTM) Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan tergolong kepada field research dengan wawancara semi terstruktur dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa implementasi manajemen strategi yang diterapkan oleh BTM setiap tahun selalu diperbarui dengan melihat aspek yang sesuai kebutuhan dan perkembangan perusahaan jangka panjang. Dilihat dari pangamatan lingkungan yang diperbarui setiap tahunnya dengan melihat aspek ekonomi, sosial, pasar dan persaingan. Lingkungan internalnya tidak ada perubahan, palayanan yang memuaskan dan budaya organisasi yang islami. Perumusan strategi dilakukan secara bersamaan yakni melalui usulan-usulan dan diskusi secara bersamaan. Implementasi strategi disesuaikan dengan misi yang telah ditetapkan pada awal rencana kerja yakni seperti pengembangan program yang lebih matang dan SOP mengikuti perkembangan perusahaan. Sedangkan untuk evaluasi BTM sendiri dilakukan bulanan dan setiap tahunya disertai dengan RAT.
Copyrights © 2022