Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2020): Oktober

Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Meningkatkan Minat Baca Dan Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SMPN 15 Kota Tasikmalaya).

Tuti Heryati (SMP Negeri 15)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2020

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang penulis lakukan diketahui bahwa minat baca dan prestasi belajar siswa belum optimal yang diduga disebabkan oleh implementasi gerakan literasi sain belum dilaksanakan secara optimal. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru pembimbing literasi, guru bahasa Indonesia dan kepala perpustakaan di SMP N 15 Kota Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan oleh penulis menggunakan analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Implementasi gerakan Literasi Sekolah (GLS) dapat meningkatkan minat baca dan prestasi belajar siswa. 2) Adanya hambatan-hambatan dalam mengimplementasikan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam meningkatkan minat baca dan prestasi belajar siswa. 3) Upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan-hambatan implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam meningkatkan minat baca siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jic

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan (JIC) adalah jurnal terbitan CV. Tripe Konsultan bekerja sama dengan Kelompok Kerja Guru (KKG) guru kelas Kec. Wanareja yang diterbitkan pertama kali pada tahun 2020. Jurnal Insan Cendekia menerima manuskrip baik dari artikel asli maupun literature review. Jurnal ...