Biram Samtani Sains
Vol 1 No 1 (2016): STRATEGI KEBERLANJUTAN KEDAULATAN PANGAN MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN

Strategi Pemasaran Bubuk Kopi Gayo Terhadap Ketahanan Pangan Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)

Basyirah Basyirah (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2017

Abstract

Strategi pemasaran produk pertanian merupakan merupakan salah satu dari sekian banyaknya usaha pemasaran yang berkembang pada saat ini, sehingga usaha tersebut memerlukan strategi pemasaran di dalam menghadapi persaingan Global dengan usaha lain yang menjual produk sejenis. Penelitian ini tentang “Strategi pamasaran Bubuk Kopi Gayo Terhadap Ketahanan Pangan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Permasalahan dalam penelitian ini apakahstrategi pemasaran yang dilakukan oleh Pengusaha Bubuk Kopi Gayo menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) , Sedangkan tujuan penelitian untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bubuk Kopi Gayo Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah. Metode Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa data Kualitatif, yaitu data-data yang telah dikumpulkan dari lapangan, baik melalui observasi, wawancara dan dokumen dan selanjutnya data akan diolah dan di analisa dengan menggunakan strategi Marketing Mix (produk, harga, distribusi dan promosi). Lokasi penelitian di Bergendal Coffe Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah. Hasil penelitian bahwa strategi pemasaran dari segi harga pada uasha Bubuk Kopi Bergendal, agar konsumen dapat tertarik terhadap produk mereka seperti: Kopi Ekspreso, Kopi Doppio, Kopi Susu,Kopi Capucino, Kopi Luwak, Cappucino luwak, Black Kopi Luwak yaitu dengan cara menjaga mutu atau rasa dari produk kopi tersebut dan keistimewaan dari kopi tersebut dibandingkan produk pesaing lainnya. Adapun trategi harga yang ada pda usaha Bubuk Kopi Gayo seperti Kopi Ekspreso Rp.20.000;, Kopi Doppio Rp.10.000; Kopi Susu Rp.10.000; Kopi Capucino Rp.12.000;kopi Latte Rp. 14.000; Kopi Flate White Rp.10.000; Kopi Conpanna Rp.10.000; White Coffe Rp.10.000; Kopi Tubruk Rp.5.000; Kopi Luwak Rp 15.000; Cappucino Luwak Rp.25.000; dan Kopi Black Kopi Luwak dengan harga Rp.20.000;. Strategi Promosi Bubuk Kopi Gayo yang dilakukan melalui Periklanan (advertising), pemasaran lansung (direct marketing), selain itu melakukan promosi dengan cara, penyebaran kupon , stiker. Penjualan Pribadi (Personal Selling ), berinteraksi dengan calon pembeli seperti presentase, tanya jawab dan penerimaan pesan dan distribusi dengan melakukan metode skskutif dan intensif. Publisitas yang dilakukan seperti; Seminar, Kerjasama dengan luar negeri yaitu negara Asean.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jbss

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Electrical & Electronics Engineering

Description

Ilmu Sosial, Humaniora, Politik, Pendidikan, Ilmu Teknik, Teknik Elektro dan Informatika, Desain Komunikasi Visual, Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis. Jurnal ini menerbitkan Ilmu Sosial, Humaniora, Politik, Pendidikan, Teknik, Teknik Elektro dan Informatika, Desain ...