Indonesian Journal on Medical Science (IJMS)
Vol 2 No 1 (2015): IJMS - 2015

Analisis Perkiraan Kebutuhan Tenaga Kerja Rekam Medis Di Tpprj Dengan Metode Wisn Di Puskesmas Mojolaban Tahun 2013

Indra Ayu Sulistiya (Unknown)
Bekti Suharto (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2014

Abstract

Abstraksi : Latar Belakang : Pelayanan di TPPRJ bersifat administratif yaitu pelayanan yang tertib, rapi dan teliti, selain itu karena yang dihadapi adalah orang sakit, maka harus diupayakan pelayanan yang cepat, agar pelayanan cepat dan tidak membuat banyak antrian dibutuhkan jumlah tenaga yang cukup. Berdasarkan survey pendahuluan rata- rata kunjungan pasien rawat jalan Puskesmas Mojolaban  mencapai 102 pasien per hari dengan 3 petugas pendaftaran sehingga menyebabkan antrian yang panjang, dan dalam pelaksanaan pelayanan pendaftaran dibantu oleh 1 atau 2 petugas lain seperti sopir maupun bidan desa. Tujuan penelitian: mengetahui perkiraan kebutuhan tenaga kerja berdasarkan beban kerja di TPPRJ Puskesmas Mojolaban pada tahun 2013.Metode penelitian : dengan observasi dan wawancara. Jenis penelitian diskriptif, pendekatan cross sectional dengan populasi kunjungan pasien rawat jalan pada bulan Maret 2013 dan 3 petugas TPPRJ. Sedangkan sempel dengan menggunakan metode The Maytag Company dengan observasi 3 petugas.Hasil : dengan menggunakan metode WISN perkiraan  tenaga kerja pendaftaran yang dibutuhkan sebanyak 2 petugas,sedangkan  terjadinya antrian dikarenakan pasien yang berkunjung datang disaat jam yang bersamaan. Antrian juga terjadi karena DRM yang dicari tidak ditemukan di rak filing dan jika pasien  tidak membawa KIB. Kesimpulan penelitian: tidak terjadi kekurangan tenaga pendaftaran di Puskesmas Mojolaban pada tahun 2013, karena dari hasil diperkiraan hanya 2 petugas yang  dibutuhkan.Kata kunci : WISN, Waktu kerja tesrsedia , Standar beban kerja, Standar kelonggaran, Kuantitas kegiatan pokokABSTRACTL Background: Caring for the administrative services TPPRJ orderly, neat and meticulous, and also because the face is a sick person, then it should be pursued fast service, fast service order and do not make much of a queue takes considerable amount of energy. Based on a preliminary survey of the average outpatient visit PHC Mojolaban reached 102 patients per day with 3 admissions, causing long queues, and assisted in the implementation of the registration services by 1 or 2 other officers as the driver or midwife. Objective: to know the estimated workforce requirements based on workload at PHC TPPRJ 2013.Metode Mojolaban in research: with observations and interviews. Type of descriptive study, a cross sectional population outpatient visits in March 2013 and 3 officers TPPRJ. Sempel while using the The Maytag Company with 3 petugas.Hasil observation: using labor estimates WISN registration required by 2 officers, while the queue is because patients who visit came at the same hour. Queues also occur because DRM is sought is not found on the shelf filing and if the patient does not bring KIB. Studies conclusion: there is no shortage Mojolaban registration at the health center in 2013, as estimated from the results of only 2 workers are required. Keywords: WISN, Time tesrsedia work, workload standards, Standard clearances, Quantity principal activities

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

ijms

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Indonesian Journal on Medical Science (IJMS) (https://doi.org/10.55181/ijms) terbit pertama Vol. 1 No.1 Januari 2014. Setiap edisi terdiri dari kurang lebih 100 halaman, yang artikelnya disajikan dalam bahasa Indonesia, kecuali judul dan abstrak disertai dengan bahasa inggris. Mekanisme ...