Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kelayakan media pembelajaran PHBS untuk peserta didik kelas 2 sekolah dasar pada pembelajaran penjas di SD Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Penelitian ini dilaksanakan di SD Universitas Muhammadiyah Purwokerto dengan responden sebanyak 3 orang terdiri dari 1 ahli Pendidikan jasmani, 1 ahli media, dan 1 praktisi. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan menggunakan presentase. Instrument yang digunakan adalah angket. Analisis data penelitian menggunakan kategorisasi yaitu: sangat baik, baik, cukup, kurang baik, dan sangat kurang baik. Berdasarkan hasil perhitungan tabel penilaian skala nilai dari ahli materi, bahasa dan praktisi terhadap draft media buku panduan pembelajaran mencuci tangan setelah uji lapangan dimasukan dalam norma kategori. Penilaian ahli materi, media dan praktisi media buku panduan pembelajaran mencuci tangan di atas, hasil validasi ahli materi, media dan praktisi menunjukkan persentase 100%, dengan kategori “Sangat layak/sangat valid”. Hal ini terjadi karena semua indikator ada nilainya, sehingga presentase menghasilkan 100%.
Copyrights © 2021