PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL)
Vol 4 (2015): PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) SNF2015

PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM MEDAN MAGNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SMA

Muhamad Ivan Anugrah (Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Jakarta, Jl. Pemuda Rawamangun No.10 Jakarta Timur, 13220.)
Vina Serevina (Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Jakarta, Jl. Pemuda Rawamangun No.10 Jakarta Timur, 13220.)
Hadi Nasbey (Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Jakarta, Jl. Pemuda Rawamangun No.10 Jakarta Timur, 13220.)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa alat praktikum medan magnet yang dapat menjelaskan berbagai variabel yang mempengaruhi kuat medan magnet induksi oleh kawat melingkar berarus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dicetuskan oleh Borg dan Gall. Penelitian ini dilakukan dari bulan Februari-Juli 2015 di Laboratorium Fisika Universitas Negeri Jakarta dan di uji cobakan di SMA Al-Azhar Kelapa Gading. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar kuisioner validasi, dan tes tertulis yang terdiri dari pretes dan postes. Hasil validasi alat praktikum medan magnet oleh ahli materi fisika sebesar 88.89%, ahli media pembelajaran sebesar 98.11%, serta guru fisika SMA sebesar 92.03% yang diinterpretasikan sangat baik. Hasil uji coba lapangan skala kecil dengan subjek penelitian 5 orang siswa SMA serta skala lebih luas dengan subjek penelitian 18 orang siswa SMA Al-Azhar Kelapa Gading sebesar 77.47% yang diinterpretasikan sangat baik. Penggunaan media pembelajaran yang telah dikembangkan ini dapat meningkatkan pengetahuan siswa yang terlihat dari peningkatan nilai rata-rata pretes dan postes sebesar 55.56 untuk pretes dan 62.78 untuk postes yang berarti terjadi peningkatan pengetahuan dengan interpretasi sedang. Kata kunci: Penelitian pengembangan, alat praktikum, media pembelajaran fisika, medan magnet induksi.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

prosidingsnf

Publisher

Subject

Electrical & Electronics Engineering Energy Physics Other

Description

Focus and Scope: Physics education Physics Instrumentation and Computation Material Physics Medical Physics and Biophysics Physics of Earth and Space Physics Theory, Particle, and Nuclear Environmental Physics and Renewable ...