Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE)
Vol 2, No 1 (2020): Juni 2020

Pengaruh Pembiasaan Shalat Dhuha Terhadap Karakter Disiplin Siswa di MI Salafiyah Kota Cirebon

Siti Nuraeni (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Aceng Jaelani (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2020

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kedisiplinan siswa dalam proses kegiatan khususnya dalam pembiasaan Shalat Dhuha. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan yang dilakukan pada saat kegiatan berlangsung bahwa kurang optimalnya penerapan tata tertib pada kegiatan disekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembiasaan Shalat Dhuha terhadap karakter siswa di MI Salafiyah Kota Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode expost facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik lembar angket dan dokumentasi. Sementara itu data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji analisis validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji determinasi, uji linier, uji regresi dan uji Hipotesis  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: hasil penyebaran angket pembiasaan Shaat Dhuha memperoleh prosentase sebesar 82% dengan kategori sangat baik dan hasil penyebaran angket kedisiplinan siswa memperoleh hasil prosentase sebesar 79% dengan kategori baik. Berdasarkan uji determinasi pengaruh pembiasaan Shalat Dhuha terhadap karakter siswa dalam penelitian ini memperoleh hasil sebesar 54,8% dengan kategori cukup sementara hasil uji regresi menunjukan bahwa nilai signifikansinya sebesar 0,000 ≤ 0,05 dan thitung (5,825) ≥  ttabel (1.70113) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pembiasaan Shalat Dhuha terhadap karakter disiplin siswa di MI Salafiyah Kota Cirebon. Kata Kunci: Pembiasaan, Karakter, Kedisiplinan                                                                                                     Abstract This research is motivated by low students in the process of special activities in the habit of Dhuha prayer. This can be seen from the results of observations made at the time the activities took place which were less than optimal in applying the rules of conduct at school. The purpose of this study was to learn more about habituating the Dhuha prayer to the character of students at the Salafiyah MI in Cirebon City. This research is a type of quantitative research using the post facto method. Data collection techniques used were questionnaire sheets and documentation techniques. Meanwhile the research data were analyzed using validity test, reliability test, normality test, determination test, linear test, regression test and hypothesis test. The results of this study indicate that: the results of the development of the Shaat Dhuha habituation questionnaire can produce a percentage of 82% with a very good category and the results of the questionnaire dissemination of students get a percentage of 79% with good categories. Based on the test of determination of the influence of habituation of Dhuha prayer on the character of students in this study obtained results of 54.8% with a fairly temporary category the results of regression tests showed a significance value of 0,000 5 0.05 and tcount (5,825) ≥ ttabel (1,70113) then Ho rejected and Ha accepted. Dhuha prayer towards the disciplinary character of students at Salafiyah MI in Cirebon City. Keywords: Habits, Character, Discipline 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ijee

Publisher

Subject

Education Other

Description

Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) ini dimaksudkan untuk menyebarkan hasil-hasil penelitian dosen, penelitian skripsi mahasiswa S1, maupun kajian ilmiah yang memberi kontribusi pemahaman, pengembangan teori, dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan di tingkat sekolah ...