Media center merupakan sebuah sistem pelayanan terintegrasi bagi masyarakat Surabaya. Melalui media center masyarakat dapat berpartisipasi memberikan opini atau melaporkan hal-hal yang terkait dengan pembangunan kota Surabaya. Informasi pelaporan masyarakat bisa negatif bisa positif untuk itu perlu dilakukan pengelompokan. Selama ini pengelompokan dilakukan secara manual. Hal ini membutuhkan waktu yang lama, untuk itu dibutuhkan metode pengelompokan yang lebih cepat dan akurat. Dengan menggunakan analisis sentimen dan Naïve Bayes Classifier (NBC) diperoleh pelaporan masyarakat Surabaya tahun 2020 memiliki pelaporan yang bersifat negatif 56,03% dan kelas kategori netral 16,22% serta kelas kategori positif 27,75%, dan hasil klasifikasi menghasilkan ketepatan klasifikasi yang cukup tinggi pada data testing dengan tingkat sensitifitas dan specifity yang ditunjukkan oleh G-Mean dan AUC sebesar 53,14% dan 55,12%.
Copyrights © 2022