JURNAL TEKMAPRO
Vol 17 No 2 (2022): TEKMAPRO

ANALISA SKENARIO KEBIJAKAN PENINGKATAN CUSTOMER MELALUI PEMANFAATAN LAYANAN PESAN ANTAR MAKANAN SELAMA PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN SISTEM DINAMIS PADA UMKM. XYZ

Almas Afifah (UPN Veteran Jawa Timur)
Dwi Sukma Donoriyanto (Unknown)
Nur Rahmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2022

Abstract

Dimasa pandemi yang diakibatkan karena adanya pandemi Covid-19 membuat pemerintah melakukan kebijakan adanya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) untuk seluruh Indonesia dan tagar dirumah saja menjadi motivasi untuk menekan peningkatan jumlah positif Covid-19 di Indonesia.UMKM XYZ merupakan salah satu UMKM di Magelang yang merasakan dampak karena adanya Covid-19. Dimana, penjualan pada dine in, takeaway, maupun pada layanan pesan antar menurun drastis. Karena, pandemi Covid-19 ini menyebabkan adanya pergeseran dan perubahan pola pembelian konsumen. Sehingga, banyak konsumen yang menggunakan jasa layanan pesan antar untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun, juga tidak sedikit masyarakat yang masih tidak tertarik menggunakan jasa layanan pesan antar dikarenakan beberapa faktor. Maka dari itu, UMKM XYZ harus bisa meningkatkan penjualan dengan pemanfaatan layanan pesan antar makanan ini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan model simulasi dan menentukan skenario kebijakan terbaik untuk meningkatkan layanan pesan antar makanan selama pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simulasi sistem dinamis yang dapat dibuat model sesuai kondisi nyatanya dan diformulasikan model matematisnya, lalu akan didapat desain skenario kebijakan yang akan dipilih untuk mencapai tujuan. Hasil skenario yang telah dilakukan, skenario yang dapat meningkatkan jumlah customer pada layanan pesan antar di UMKM XYZ adalah dengan meningkatkan potential market yang sudah dibuat skenario yang dibuat UMKM XYZ antara lain memberikan potongan biaya ongkos kirim sebesar 10% dan memberikan potongan harga sebesar 20% dengan minimum pembelian Rp150000. Simulasi yang dilakukan menghasilkan jumlah customer yang membeli produk UMKM XYZ dari bulan pertama hingga bulan ke-12 mengalami peningkatan. Kata Kunci: Layanan Pesan Antar, UMKM, Simulasi, Sistem Dinamis

Copyrights © 2022