Journal of Innovation and Applied Technology
Vol 8, No 1 (2022)

Pelatihan Uji Fitokimia Senyawa Metabolit Sekunder Tanaman Secang (Caesalpinia sappan L.) Kepada Perkumpulan Pendidik Sains Kimia Indonesia (PPSKI)

Siti Mariyah Ulfa (Brawijaya University)
Elvina Dhiaul Iftitah (Brawijaya University)
Moh. Farid Rahman (Brawijaya University)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2022

Abstract

Kandungan senyawa aktif dalam tanaman dapat di analisis dengan metode uji fitokimia. Salah satu tanaman herbal yang banyak dikonsumsi adalah secang (Caesalpinia sappan). Secang biasa di simpan dalam bentuk sediaan teh herbal, diseduh dengan air panas dan diminum untuk mengurangi radang tenggorakan. Dalam rangka mengenalkan kegiatan riset sederhana di sekolah dilakukan pelatihan uji fitokimia metabolit sekunder tanaman lokal (dalam hal ini secang) kepada guru-guru kimia yang tergabung dalam Perkumpulan Pendidik Sains Kimia Indonesia (PPSKI). Metode yang dilakukan dengan pemberian materi secara daring menggunakan media zoom meeting, tutorial melalui video, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas. Dalam pelatihan ini diberikan juga soal-soal pretes dan postes untuk mengukur kemampuan peserta sebelum dan sesudah pelatihan. Terdapat peningkatan pengetahuan peserta sebanyak 20% setelah pelatihan. Pelatihan uji fitokimia ini memberikan wawasn baru kepada para guru kimia untuk melakukan riset sederhana dengan bahan yang tersedia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jiat

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Article published Journal of Innovation and Applied Technology (JIAT) include the results of community service related to Community Development, Economic Development, Transfer and Diffusion of Technology, Innovation Science and Technology, Institutional Innovation, Development of Local Wisdom, Basic ...