Gema Pendidikan
Vol 29, No 2 (2022): Juli, Gema Pendidikan

DESKRIPSI KEMAMPUAN PEDAGOGIK GURU MATEMATIKA

Latief Sahidin ((SINTA ID : 6030507) Universitas Halu Oleo, Kendari)
La Ode Ahmad Jazuli (FKIP Universitas Halu Oleo)
Hasnawati Hasnawati (FKIP Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pedagogik guru matapelajaran matematika berkaitan dengan penguasaan karakteristik peserta didik, penguasaan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, pengembangan kurikulum, Kegiatan pembelajaran yang mendidik, pengembangan potensi peserta didik, komunikasi dengan peserta didik, penilaian dan evaluasi, dan hal-hal apa yang mempengaruhinya. Metode penelitian ini menggunakan metode survei dengan sampel responden berjumlah 70 orang guru SMP Kota Kendari. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner guru, dokumentasi dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata kemampuan pedagogik guru sebesar 64,28% tinggi, rerata kemampuan pedagogik guru sebesar 28,55% sedang, dan rerata kemampuan pedagogik guru sebesar 7,16% rendah. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: pemahaman prinsip-prinsip kepribadian peserta didik; pemanfaatan media pembelajaran masih jarang; penyusunan silabus dan RPP sebagian besar masih copy-paste; pengalaman belajar melalui kegiatan menghasilkan karya kreatif masih jarang; pengembangan belajar mengembangkan Ipteks masih rendah; belum secara aktif melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran; serta hasil penilaian belum digunakan untuk perbaikan pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...