Equilibrium
Vol 19, No 02 (2022): Equilibrium: Jurnal penelitian Pendidikan dan Ekonomi

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP AL-ISLAH SURABAYA SELAMA COVID-19

Fakky Fahrisal Nur (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Mochammad Ilyas Junjunan (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Mohammad Dliyaul Muflihin (Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Kanjeng Sepuh Gresik)
Muh. Syaukin Muttaqin (Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam Al-Rosyid Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2022

Abstract

AbstractIn 2020 the Indonesian ministry of education and culture decided to implement online learning activities in Indonesia, initially offline learning activities were changed to online learning activities due to avoid the spread of the COVID-19 pandemic. The purpose of this study was to determine the effect of the implementation of e-learning on students' learning motivation in schools in learning activities. This type of research uses a quantitative approach by distributing questionnaires to 8th-grade students at SMP Al-Islah Surabaya. A total of 55 students participated as research respondents. The results showed that the implementation of e-learning had a positive effect on students' learning motivation at Al-Islah Junior High School Surabaya. This shows evidence that the existence of learning that innovates because of the pressure of the situation still gives hope to educational institutions to continue to improve the quality and service of education to the community under any conditions. The limitation of this study is that it has a sample that is not large enough, so the results of the study cannot be fully generalized. And the opportunity for further research is to increase the research sample and develop research variables that become factors of student learning motivation such as the availability of information technology and teacher creativity innovation. Keywords: e-learning; COVID-19; learning motivation  AbstrakPada tahun 2020 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia memutuskan untuk memberlakukan kegiatan belajar mengajar secara daring di Indonesia, pada awalnya kegiatan belajar mengajar bersifat luring diubah menjadi secara daring dikarenakan untuk menghindari penyebaran pandemic COVID-19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh implementasi pembelajaran secara e-learning terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada siswa kelas 8 di SMP Al-Islah Surabaya. Sebanyak 55 siswa berpartisipasi menjadi responden penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran e-learning berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa di SMP Al-Islah Surabaya. Hal ini menunjukkan bukti bahwa keberadaan pembelajaran yang berinovasi karena desakan keadaan masih memberikan harapan kepada lembaga pendidikan untuk tetap meningkatkan kualitas dan pelayanan pendidikan kepada masyarakat dalam kondisi apapun. Keterbatasan penelitian ini adalah memiliki sampel yang tidak cukup besar, sehingga hasil penelitian belum bisa sepenuhnya di generalisasi. Dan peluang bagi penelitian selanjutnya adalah memperbanyak sampel penelitian dan mengembangkan variabel penelitian yang menjadi faktor motivasi belajar siswa seperti ketersediaan teknologi informasi dan inovasi kreativitas guru. Kata kunci: e-learning; COVID-19; motivasi belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Equilibrium

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EQUILIBRIUM merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Eonomi FKIP Universitas Kuningan yang memuat karya tulis dan penelitian ilmiah dosen dan mahasiswa dibidang ilmu kependidikan dan Ekonomi. Jurnal EQUILIBRIUM terbit setiap 6 bulan sekali yaitu edisi Januari dan Juli ...