Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Vol 7, No 2 (2022): TEKS

Pengembangan Bahan Ajar Teks Cerita Pendek Dengan Penerapan Strategi Transformasi Cerita Pengalaman Pribadi Tingkat SMP di Kabupaten Pati

Suprihadi Suprihadi (Unknown)
Asrofah Asrofah (Universitas PGRI Semarang)
Nazla Maharani Umaya (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2022

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah kebutuhan guru dan siswa terhadap bahan ajar teks cerita pendek dengan penerapan strategi transformasi cerita pengalaman pribadi  untuk peserta didik kelas IX SMP di kabupaten Pati? (2) Bagaimanakah pengembangan bahan ajar teks cerita pendek dengan penerapan strategi transformasi cerita pengalaman pribadi  untuk peserta didik kelas IX SMP di kabupaten Pati? Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode R&D (Researcd and Development). Tahapannya meliputi (1) menganalisis kebutuhan peserta didik dan guru, (2) penyusunan draf prototipe, (3) validasi pakar, (4) revisi draf produk, (5) uji produk, (6) analisis FGD bahan ajar, dan (7) protoptipe bahan ajar teks cerpen . Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan teknik angket. Sedangkan teknik pengumpulan data kualitas media menggunakan teknik validasi oleh validator ahli pakar. Hasil validasi bahan ajar yang didapat dari uji ahli adalah 84 % dengan kategori baik atau layak diuji cobakan. Hasil ketercapaian ketuntasan belajar menunjukkan sebanyak 80% peserta didik memperoleh nilai diatas KKM setelah menggunakan buku pengembangan bahan ajar teks cerita pendek dengan penerapan strategi transformasi cerita pengalaman pribadi  untuk peserta didik kelas IX SMP . Artinya, bahan ajar ini diperlukan dan dapat membantu guru dalam proses pembelajaran serta peserta didik dalam meningkatkan ide kreatifitas dalam menulis teks cerpen  sehingga memperoleh nilai diatas KKM. Kata kunci: Teks Cerpen , Transformasi, Pengalaman Pribadi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

teks

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah TEKS Program S2 PBSI memuat hasil analisis, pemikiran, dan penelitian yang berkaitan dengan bahasa, sastra, dan pengajarannya. Terbit dua kali dalam setahun. Dikelola dengan penanggung jawab ketua program studi, dan diterbitkan atas dukungan penuh Universitas PGRI Semarang. Manajerial ...