Al-Wijdan : Journal of Islamic Education Studies
Vol. 7 No. 1 (2022): Juni 2022

POLA PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN PESANTREN BERKARAKTER DI PONDOK PESANTREN MBS AL AMIN BOJONEGORO

Ibnu Habibi (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pola pengembangan kurikulum berkarakter di Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School (MBS) Al Amin Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif analitis dengan variasi studi kasus. Yaitu secara jelas menggambarkan pola pengembangan kurikulum dalam Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School (MBS) Al Amin Bojonegoro. Hasil dalam penelitian ini adalah adalanya pola pengembangan kurikulum yang dilaksanakan adalah pengembangan model kurikulum terpadu (integrated curriculum) dengan kombinasi kurikulum nasional, kurikulum Majelis Pendidikan Dasar dan Menegah (Dikdasmen) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur dan Kurikulum Pesantren Muhammadiyah Pusat yaitu Lembaga Pengembagan Pesantren Muhammadiyah (LP2M). Kurikulum tersebut ditekankan pada pembinaan karakter peserta didik. Penerapan kurikulum berkarakter dilaksanakan melalui pembelajaran, budaya sekolah, kedisiplinan, pembiasaan atau melalui manajemen pesantren, semua aspek tersebut diintegrasikan agar mendapatkan hasil dalam internalisasi karakter peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alwijdan

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

AL-WIJDÁN: Journal of Islamic Education Studies is a scientific journal of Islamic education that contains the results of research by experts in the field of Islamic education from various perspectives, including: Islamic Education Management Islamic Education and Peace Character building Islamic ...