Indonesian Journal Of Educational Research and Review
Vol. 1 No. 3: October 2018

PROFESIONALISME GURU BERSERTIFIKASI DI SD NEGERI SIWALAN DAN SD NEGERI PETERONGAN SEMARANG

Ufii Khoirul Aiin (Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), FIP, Universitas PGRI SemarangSalatiga, Indonesia)
Muhajir Muhajir (Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), FIP, Universitas PGRI SemarangSalatiga, Indonesia)
Ferina Agustini (Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), FIP, Universitas PGRI SemarangSalatiga, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah guru bersertifikasi di SD Negeri Siwalan dan SD Negeri Peterongan Semarang sudah profesional dalam pembelajaran. Jenis metode penelitian ini kualitatif. Populasi penelitian ini adalah guru bersertifikasi di SD Negeri Siwalan dan SD Negeri Peterongan Semarag. Sampel penelitian yang diambil adalah lima guru bersertifikasi di SD Negeri Siwalan dan SD Negeri Peterongan Semarang. Teknik dalam penelitian ini diperoleh melalui penilaian angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis angket profesionalisme guru bersertifikasi menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik dengan skor (2,845), kompetensi kepribadian dengan skor (3), kompetensi sosial dengan skor (3), dan kompetensi profesional dengan skor (2,89). Dengan adanya rata-rata skor tersebut dapat disimpulkan bahwa guru bersertifikasi di SD Negeri Siwalan dan SD Negeri Peterongan Semarang sudah Kompeten/ Profesional. Kata-kata kunci : Guru, Profesionalisme, Sertifikasi

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

IJERR

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesian Journal ...