Indonesian Journal Of Educational Research and Review
Vol. 2 No. 1: April 2019

Keefektifan Model Problem Based Learning Berbantu Media Audio Visual Terhadap Kedisiplinan Siswa

Harland Paningga (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)
Ikha Listyarini (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)
Choirul Huda (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2019

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektif atau tidaknya model pembelajaran Keefektifan model problem based learning berbantu media audio visual terhadap kedisiplinan siswa kelas V SD Negeri Sawanga. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan desain True Eksperimental yaitu Pretest-Posttest Control Group Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V, Sampel yang  diambil adalah 11 Siswa sebagai kelompok eksperimen, dan 11 siswa sebagai kelompok kontrol, dengan menggunakan teknik Simple random sampling. Nilai kedisiplinan diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Hasil penelitian ini diperoleh dengan melakukan analisis data awal, uji normalitas dengan uji lilliefors,  uji homogenitas, dan analisis data akhir dengan uji T-test. Berdasarkan pada analisis data akhir yang telah dilakukan perhitungan uji T-test diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,990 > 1,725 maka hipotesis dapat diterima, dan dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model problem based learning berbantu media audio visual efektif terhadap kedisiplinan siswa kelas V SD Negeri Sawangan”. Bedasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran problem based learning berbantu media audio visual dapat digunakan sebagai alternative guru dalam mengaajar. Kata kunci: model pembelajaran Problem Based Learning, media Audio Visual,Kedisiplinan 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJERR

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesian Journal ...