PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 8 No 2 (2022): PEDAGOGI

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI DAUR HIDUP HEWAN

Delima Delima (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Medan)
Hidayat Hidayat (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Medan)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis powtoon pada mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis powtoon pada mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dan menggunakan model 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate), namun penelitian ini hanya dilakukan sampai dengan tahap pengembangan (development). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 138435 Tanjung Balai. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Subjek dalam penelitian ini yaitu ahli materi, ahli media dan guru kelas. Teknik analisis data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan konversi data yang digunakan, dari rentang ≤ 1,8 (sangat kurang) - < 4,2 (sangat baik) penilaian oleh ahli materi diperoleh skor “4,55”, ahli media diperoleh skor “4,1”, dan guru diperoleh skor “4,5”. Dari jumlah keseluruhan diperoleh rata-rata yaitu 4,38. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dan media pembelajaran berbasis powtoon sangat layak digunakan atau diterapkan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Pendidikan adalah jurnal peer-review untuk membahas dan menyebarkan analisis orisinal dan kritis tentang berbagai masalah pendidikan kontemporer. Jurnal ini menerbitkan artikel yang menarik bagi praktisi pendidikan, guru, pembuat kebijakan pendidikan, dan peneliti. Jurnal ini ...