Hakikat pendidikan karakter adalah memberikan kesempatan kepada siswa agar menjadi pribadi yang menyertakan nilai-nilai dan moral dalam bersikap dan bertingkah laku ditengah-tengah masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) sejauh mana penerapan nilai-nilai pendidikan karakter di MIN 14 Langkat Provinsi Sumatera Utara. (2) bagaimana persiapan guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter di madrasah (3) integrasi penerapan nilai-nilai pendidikan karakter ke dalam pembelajaran SBdp. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, mengumpulkan data dan hasil penelitian melalui observasi dan wawancara secara langsung dilapangan. Dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan bahwa MIN 14 Langkat sedang berada pada tahap pelaksanaan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dimadrasah. Guru sebagai wali kelas sedang berupaya untuk mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan kedalam semua mata pelajaran. Agar pelaksanaan penerapan pendidikan karakter dapat berlangsung selama efektif baik selama proses pembelajaran berlangsung didalam kelas maupun di luar kelas.
Copyrights © 2021