Mediagro
Vol 17, No 2 (2021)

ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN PRODUK SARI KURMA CV. AMAL MULIA SEJAHTERA, KABUPATEN BOGOR

Aditya Perdana Putra (Universitas Diponegoro)
Kustopo Budiraharjo (Universitas Diponegoro)
Mukson Mukson (Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor internal dan faktor-faktor eksternal pemasaran produk sari kurma, merumuskan alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan terhadap produk sari kurma, dan menyusun prioritas alternatif strategi pemasaran terhadap produk sari kurma di CV. Amal Mulia Sejahtera. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari – April 2021 di CV. Amal Mulia Sejahtera, Kabupaten Bogor. Metode penentuan sampel yang digunakan merupakan teknik judgement sampling dengan total 8 orang responden. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif menggunakan metode analisis Strength, Weakness, Opportunity, and Threat (SWOT) dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa prioritas alternatif strategi yang dapat direkomendasikan untuk diterapkan terhadap pemasaran produk sari kurma Al-Jazira milik CV. Amal Mulia Sejahtera secara berurutan, yaitu: (1) Memperluas jangkauan distribusi dan penjualan produk sari kurma, (2) Peningkatan kualitas dan kuantitas produk sari kurma, (3) Optimalisasi promosi produk sari kurma dalam peningkatan pangsa pasar, dan (4) Memelihara stabilitas harga produk sari kurma. Prioritas substrategi utama yaitu “Meningkatkan jumlah dan persebaran agen produk sari kurma CV. Amal Mulia Sejahtera di berbagai wilayah di Indonesia”.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Mediagro

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Environmental Science

Description

The Journal Publishes in both print and online version. MEDIAGRO JOURNAL research paper in the field of Agribusiness, Agricultural Technology, Food Technology and general agricultural ...