Covid-19 yang terjadi dari tahun 2019 sampai sekarang ini sangat mempengaruhi kegiatan di perpustakaan. Kegiatan pelayanan di perpustakaan mengalami transpormasi menjadi online untuk menghindari kontak langsung antara petugas perpustakaan dan pemustaka. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara antisipasi pencegahan dan penularan virus Covid- 19. Banyak mahasiswa yang melakukan kegiatan belajar dan mengajar melalui Daring untuk menghindari penularan virus Covid-19. Dalam hal ini, seharusnya perpustakaan dapat mengambil peluang untuk menjaga eksistensinya dalam kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah dengan berfokus kepada perpustakaan digital yang telah dimiliki. Layanan layanan yang selama ini tersedia dalam perpustakaan digital dapat dikembangkan dan dipromosikan dengan lebih baik lagi. Dimana hal ini dapat memudahkan dan membatu pemustaka dalam mengakses informasi yang mereka butuhkan. Kesiapan sebuah perpustakaan dalam melakukan pengembangan kepada perpustakaan digital sangat diperlukan yang nantinya akan berfungsi sebagai peningkatan kualitas layanan pemustaka khususnya pada masa pandemic seperti yang dirasakan pada saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja layanan yang mengalami transpormasi dengam menggunakan metode deskriptif kualitatif.Hasil dari penelitian ini adalah terdapat beberapa jenis layanan di Perpustakaan Universitas Panca Bhakti yang mengalami Tramspormasi yaitu, Layanan Sirkulasi, Layanan Referensi, Layanan Keanggotaan, Layanan Surat Bebas Pinjam, dan Layanan Pendidikan Pemakai (User Education).Keyword: Library, Transformation, Service
Copyrights © 2022