cover
Contact Name
Atiqa Nur Latifa Hanum
Contact Email
jipka@untan.ac.id
Phone
+6281346355040
Journal Mail Official
jipka@untan.ac.id
Editorial Address
sahidiip@fkip.untan.ac.id
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA)
ISSN : 28297326     EISSN : 28281772     DOI : http://dx.doi.org/10.26418/jipka.v1i1
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmiah Program Studi Diploma 3 Perpustakaan Universitas Tanjungpura merupakan Jurnal Peer-Review terbitan Program Studi Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Pontianak. Kajian Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA) bertujuan untuk menyebarluaskan pemikiran atau gagasan konseptual, review, dan temuan/hasil penelitian dalam kajian Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan. Fokus naskah Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA) adalah: 1. Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan 2. Perpustakaan digital 3. Manajemen Perpustakaan, informasi, dan kearsipan 4. Manajemen Pengetahuan 5. Literasi digital dan informasi 6. Layanan teknis di perpustakaan, arsip, dan museum 7. Teknologi informasi di perpustakaan dan kearsiapan 8. Komunikasi ilmiah lainnya terkait perpustakaan dan arsip
Articles 14 Documents
PERBANDINGAN EFEKTIVITAS TEMU KEMBALI INFORMASI PADA PORTAL BERITA ONLINE DI YOGYAKARTA (HARIAN JOGJA DAN TRIBUN JOGJA) Sri Wahyuni
Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA) Vol 1, No 1 (2021): Desember 2021
Publisher : Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.576 KB) | DOI: 10.26418/jipka.v1i1.50295

Abstract

Portal berita online merupakan situs online media massa yang populer dan memiliki karakteristik khas karena mengadopsi perkembangan TIK. Keunggulan portal berita online adalah informasi bersifat up to date, real time, dan praktis. Kota Yogyakarta salah satu kota yang banyak mendirikan media massa, salah satu yang media massa online yang dikenal masyarakat disana yaitu Tribun Jogja dan Harian Jogja. penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif analistis. Data dianalisis menggunakan rumus “precision” untuk sistem temu kembali informasi berita menggunakan 2 (dua) kata kunci bebas yang menjadi trending topik berita saat ini. Berdasarkan dari hasil penelusuran menggunakan istilah pencarian kata kunci sederhana “Seleksi CPNS” dan istilah pencarian majemuk “Vaksin Covid-19”. Dari perolehan nilai precision menunjukkan bahwa portal Harian Jogja lebih tinggi nilainya precision yaitu sebesar 82, 35% untuk pencarian kata kunci sederhana dan pencarian kata kunci majemuk nilainya sebersar 71, 42%. Sedangkan Tribun Jogja masing-masing nilai precision sebesar 56, 37% dan 68, 08 %. Dalam hal ini hasil nilai precision Harian Jogja lebih efektif dan lebih unggul bila dibandingkan dengan nilai Tribun Jojga. Online news portals are one of the most popular and distinctive types of mass media. The advantages of online news portals are information that is up to date, real time, and practical. The city of Yogyakarta is one of the cities that has established many mass media, one of the online mass media known to the public there is Tribun Jogja and Harian Jogja. This study uses quantitative research with an analytical descriptive approach. Data analysis uses the “precision” formula for a news information retrieval system using 2 (two) free keywords that are trending news topics today. Based on the search results using the simple keyword search term "Seleksi CPNS" and the compound search term "Vaksin Covid-19". From the score obtained, it shows that the Daily Jogja portal has a higher value, which is 82, 35% for simple keyword searches and for compound keywords, the value is 71, 42%. Meanwhile, Tribun Jogja each has a precision value of 56, 37% and 68, 08%. In this case, the results of the Harian Jogja precision value are more and more superior when compared to the effective value of the Tribun Jogja. 
SEBUAH TINJAUAN: PERAN UU HAK CIPTA DALAM UPAYA PENGAMANAN KOLEKSI PADA DIGITAL LIBRARY (DL) Millatina Muktarullah
Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA) Vol 1, No 1 (2021): Desember 2021
Publisher : Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (555.577 KB) | DOI: 10.26418/jipka.v1i1.50407

Abstract

Digital library merupakan salah satu penyedia informasi yang dapat diakses melalui mesin pencari (search engine). DL menjadi pilihan bagi masyarakat dalam mencari informasi, berbekal komputer atau gadget pribadi pengguna dapat menemukan informasi yang dibutuhkan dimana pun, kapan pun, dan dalam format apapun. Digital library bukan isu baru namun distribusi koleksinya terhambat dengan hak cipta. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan penyediaan, penyaluran informasi baik secara konvensional atau digital yang tujuannya bukan untuk kepentingan bisnis atau komersial dapat dibenarkan dan legal.   Serta dalam perspektif pengamanan koleksi digital library berdasarkan undang-undang hak cipta nomor 28 tahun 2014 tentang subyek perlindungan, obyek perlindungan, pembatasan hak cipta dalam kepentingan pendidikan dan penelitian pada digital library masih harus disesuaikan dengan perkembangan teknologi infromasi dan komunikasi
PERAN PEMERINTAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MELALUI POJOK BACA DIGITAL (POCADI) DI KOTA LHOKSEUMAWE, ACEH Ekawati Saputri
Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA) Vol 1, No 1 (2021): Desember 2021
Publisher : Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (604.913 KB) | DOI: 10.26418/jipka.v1i1.50488

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Pemerintah dalam meningkatkan minat baca melalui pojok baca digital (POCADI) di Kota Lhokseumawe, Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan pemerintah dalam meningkatkan minat membaca melalui pojok baca digital (POCADI) bagi masyarakat kota lhokseumawe, Aceh. Jenis penelitian ini adalah fenomenologi dan kajian pustaka dengan pendekatan Kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah peran pemerintah sangat berpengaruh pada minat baca masyarakat, baik kebijakan yang dibuat selanjutnya diimplementasikannyamelalui pojok baca digital (POCADI), dengan memperkenalkan media digital sebagai media penelusuran informasi dan cara lain membaca buku dan mendapatkan e-book, Pojok baca sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam menumbuhkan minat baca masyarakat lhokseumawe, hal ini terbukti dari antusiasnya anak-anak dan pengunjung lainnya yang memenuhi ruang pojok baca digital (POCADI). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran pemerintah dalam menghadirkan pojok baca digital (POCADI) sangat membantu menumbuhkan minat membaca masyarakat kota lhokseumawe yaitu, sebagai fasilitator tempat membaca dengan berbagai media digital, sebagai bahan bacaan terdekat, tempat membaca yang nyaman dan tempat membaca yang menarik perhatian, sehingga dari beberapa peran tersebut membantu menumbuhkan minat membaca masyarakat kota lhokseumawe.
PEMANFAATAN MEDIA PUSTAKA DIGITAL DALAM MEMBANGUN PERPUSTAKAAN DESA BERBASIS INKLUSI SOSIAL DI MASA PANDEMI Muhamad Bisri Mustofa; Mezan El Khaeri Kesuma; Irva Yunita; Eni Amaliah; Dwi Indri Rahmawati
Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA) Vol 1, No 1 (2021): Desember 2021
Publisher : Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2415.342 KB) | DOI: 10.26418/jipka.v1i1.51150

Abstract

Perpustakaan merupakan lembaga yang menyimpan informasi, selain itu perpustakaan desa berbasis inklusi sosial juga dapat dikatakan sebagai lembaga yang membantu dalam proses pembangunan berkelanjutan. Selain itu, perpustakaan juga memiliki peran mencerdaskan anak bangsa, membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, dan berkontribusi dalam peningkatan sumber daya manusia yang berilmu, kreatif dan inovatif. Namun baru-baru ini muncul virus yang sangat berbahaya yaitu covid 19 yang membatasi ruang gerak manusia. Untuk itu, perpustakaan desa berbasis inklusi sosial memanfaatkan media perpustakaan digital sebagai media untuk memelihara perpustakaan meski di tengah pandemi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media perpustakaan berbasis digital seperti OPAC, Computer, dan SLIMS dapat membantu perpustakaan seperti mempermudah pengguna dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan, lebih menghemat waktu dalam proses temu kembali informasi dan lain-lain. Dengan itu dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan media perpustakaan digital dapat membangun kembali perpustakaan setelah kemerosotan perpustakaan di awal pandemi.
INOVASI PELAYANAN GO-BANG DALAM PENINGKATAN PELAYANAN ADMINISTRASI SI KECAMATAN KITA UTARA I Dewa Ayu Putri Wirantaru; Ni Komang Tri Wulandari
Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA) Vol 1, No 1 (2021): Desember 2021
Publisher : Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (593.484 KB) | DOI: 10.26418/jipka.v1i1.51191

Abstract

Melihat keadaan pelayanan yang semakin miris, maka tidak heran jika masalah pelayanan menjadi sorotan isu publik yang sering dibicarakan, masalah pelayanan menjadi konsentrasi utama karena pelayanan di kecamatan menyangkut kepentingan umum dan masyarakat secara keseluruhan. Tugas ini selaras dengan semangat reformasi birokrasi dimana aparat pemerintahan menjadi pelayan masyarakat dengan sebaik-baiknya sebagaimana yang tercantum dalam amanat undang-undang. Salah satu upaya yang telah dilakukan Pemerintah dalam rangka meningkatkan pelayanan publik adalah dengan melaksanakan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) yang diatur dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 tahun 2010 tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan, dan ditindaklanjuti dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 238 – 270 tentang Petunjuk Teknis Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Kualitas pelayanan dapat diketahui dengan cara membandingkan persepsi pengguna layanan atas pelayanan yang mereka terima dengan pelayanan  yang sesungguhnya mereka harapkan. Pelayanan publik yang berada di Kecamatan Kuta Utara sudah menunjukan kemajuan dan kualitas yang baik. Dimana jika melihat dari dimensi tangibel yaitu bentuk fisik mengenai situasi tempat yang begitu nyaman dan fasilitas bagi masyarakat yang ingin melakukan proses administrasi sudah baik. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif.
KELOMPOK INFORMASI MASYARAKAT (KIM) SEBAGAI MODEL PARTISIPASI PUBLIK DALAM KETERBUKAAN INFORMASI DI TINGKAT DESA DI BALI Putu Nomy Yasintha; Ni Putu Candrika
Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA) Vol 1, No 1 (2021): Desember 2021
Publisher : Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.773 KB) | DOI: 10.26418/jipka.v1i1.51193

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Desa di Bali mampu berperan menjadi suatu model partisipasi masyarakat dalam keterbukaan informasi bagi masyarakat di tingkat desa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pendekatan kualitatif deskriptif dimana peneliti mencoba untuk memahami bagaimana peran KIM dalam menyalurkan informasi kepada masyarakat. Penelitian ini akan dibedah dengan menggunakan teori Cohen dan Uphoff dengan beberapa indikator yaitu: (a) pembuatan keputusan; (b) penerapan keputusan; (c) pemanfaatan hasil; (d) evaluasi kegiatan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa KIM memiliki potensi yang besar sebagai Lembaga bagi Pemerintah untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat di tingkat Desa. KIM yang merupakan Lembaga swadaya dari desa sendiri memiliki kedekatan yang berbeda dengan masyarakat sehingga gaya penyampaian informasi akan lebih mudah dipahami bagi masyarakat lokal. Hanya saja KIM yang merupakan Lembaga swadaya masih kesulitan dalam melakukan pembinaan kepada pengurusnya dikarenakan keterbatasan dana yang mereka miliki. Selain itu juga belum ada dasar hukum yang kuat bagi KIM sehingga mereka kesulitan memohon penganggaran kepada Pemerintah Lokal.
COVER Vol 1, No 1 (2021) JIPKA JIPKA
Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA) Vol 1, No 1 (2021): Desember 2021
Publisher : Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1503.636 KB) | DOI: 10.26418/jipka.v1i1.55638

Abstract

HUBUNGAN LAYANAN REFERENSI TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN IAIN BATUSANGKAR Devi Triana; Sri Wahyuni; Alimin Alimin
Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA) Vol 1, No 2 (2022): Juni 2022
Publisher : Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (643.121 KB) | DOI: 10.26418/jipka.v1i2.51135

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara layanan referensi terhadap kepuasan pemustaka dan mengetahui seberapa besar pengaruh layanan referensi terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan IAIN Batusangkar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu: variabel bebas Layanan Referensi (X) dan Variabel terikat Kepuasan Pemustaka (Y). Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan jumlah populasi 12.413 mahasiswa, sehingga memperoleh 99 sampel. Berdasarkan hasil uji korelasi product moment, terdapat hubungan signifikan secara positif antara layanan referensi terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan IAIN Batusangkar, hal ini terlihat dari besar nilai korelasi antara variabel layanan referensi (X) dan variabel kepuasan pemustaka (Y) memperoleh hasil sebesar 0,819 yang artinya memiliki hubungan signifikan positif antara layanan referensi terhadap kepuasan pemustaka. Hal ini juga ditunjukkan dengan angka koefisien determinasi sebesar 67,1% yang artinya kepuasan pemustaka dipengaruhi layanan referensi oleh sedangkan sisanya sebesar 32,9%  dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Selanjutnya hal ini juga dibuktikan oleh hasil regresi sederhana untuk variable (X) dan variabel (Y) Y = 197.884 + 0,000X. serta didukung dari hasil hasil pengujian analisis deskriptif menggunakan rumus Mean dan Grand Mean diperoleh hasil dari variabel (X) dikategorikan puas dengan nilai rata-rata 3,88. Sedangkan variabel (Y) dikategorikan puas dengan nilai rata-rata 4.
LITERASI INFORMASI GURU SMA NEGERI 4 UNGGULAN PAGAR ALAM DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 Slamet Triono; Purwaka Purwaka Purwaka; Fransiska Timoria Samosir
Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA) Vol 1, No 2 (2022): Juni 2022
Publisher : Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (56.513 KB) | DOI: 10.26418/jipka.v1i2.52266

Abstract

AbstrakPenelitian ini berfokus pada kemampuan literasi informasi guru dalam menerapkan kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui literasi informasi guru yang ada di SMA negeri unggulan 4 Pagar alam  serta mengetahui penerapan kurikulum 2013 di SMA negeri unggulan 4  Pagar alam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan 8 informan yang telah dipilih. Literasi informasi guru pada penelitian ini dilihat dari standard literasi informasi guru menurut Association of College and Research Libraries (ACRL) yang memiliki empat aspek yaitu mendefinisikan kebutuhan informasi, mengartikulasikan kebutuhan informasi, memilih strategi pencarian informasi serta memilih alat dalam menemukan informasi. Hasil penelitian memperlihatkan. Dari segi mendefinisi kebutuhan informasi literasi informasi guru sudah baik namun perlu pengembangan. Dari segi mengartikulasi kebutuhan informasi, literasi informasi guru masih proses menyesuaikan dengan kurikulum 2013. Dari segi memilih strategi literasi informasi cukup baik walau ada beberapa guru yang harus ditingkatkan. Dan dari segi memilih alat literasi informasi guru  sebenarnya sudah cukup baik akan tetapi harus ada pengembangan.Kata Kunci : Literasi Informasi, Guru, Kurikulum 2013AbstractThis study focused on the information literacy skills of teachers in implementing the 2013 curriculum. The purposes of this study were to determine the information literacy of teachers in SMA Negeri 4 Pagaralam Unggulan and to discover the implementation of the 2013 curriculum in SMA Negeri 4 Pagaralam Unggulan. The method used in this research was descriptive qualitative with 8 selected informants. Teacher information literacy in this study was seen from the teacher information literacy standard according to the Association of College and Research Libraries (ACRL), It has 4 aspects, namely defining information needs,articulating information needs, selecting information seeking strategies and choosing a tool to find information. The results of the study showed that: in terms of defining literacy information needs, teacher information is good but it needs development. In terms of articulating literacy information needs, teacher information is still in the process of adjusting to the 2013 curriculum. In terms of choosing information literacy tools, teachers are actually quite good but there must be further development so that the implementation of the 2013 curriculum is carried out properly..Keywords :  information literacy, Teacher, Curriculum 2013
TRANSFORMASI LAYANAN PERPUSTAKAAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PANCA BHAKTI) Pajar Julhijah
Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA) Vol 1, No 2 (2022): Juni 2022
Publisher : Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.774 KB) | DOI: 10.26418/jipka.v1i2.53725

Abstract

Covid-19 yang terjadi dari tahun 2019 sampai sekarang ini sangat mempengaruhi kegiatan di perpustakaan. Kegiatan pelayanan di perpustakaan mengalami transpormasi menjadi online untuk menghindari kontak langsung antara petugas perpustakaan dan pemustaka. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara antisipasi pencegahan dan penularan virus Covid- 19. Banyak mahasiswa yang melakukan kegiatan belajar dan mengajar melalui Daring untuk menghindari penularan virus Covid-19. Dalam hal ini, seharusnya perpustakaan dapat mengambil peluang untuk menjaga eksistensinya dalam kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah dengan berfokus kepada perpustakaan digital yang telah dimiliki. Layanan layanan yang selama ini tersedia dalam perpustakaan digital dapat dikembangkan dan dipromosikan dengan lebih baik lagi. Dimana hal ini dapat memudahkan dan membatu pemustaka dalam mengakses informasi yang mereka butuhkan. Kesiapan sebuah perpustakaan dalam melakukan pengembangan kepada perpustakaan digital sangat diperlukan yang nantinya akan berfungsi sebagai peningkatan kualitas layanan pemustaka khususnya pada masa pandemic seperti yang dirasakan pada saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja layanan yang mengalami transpormasi dengam menggunakan metode deskriptif kualitatif.Hasil dari penelitian ini adalah terdapat beberapa jenis layanan di Perpustakaan Universitas Panca Bhakti yang mengalami Tramspormasi yaitu, Layanan Sirkulasi, Layanan Referensi, Layanan Keanggotaan, Layanan Surat Bebas Pinjam, dan Layanan Pendidikan Pemakai (User Education).Keyword: Library, Transformation, Service

Page 1 of 2 | Total Record : 14