Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA)
Vol 1, No 2 (2022): Juni 2022

ANALISIS LITERASI DIGITAL SISWA DI SMAN 3 KABUPATEN BENGKULU TENGAH PROVINSI BENGKULU

Gustina Aisyah Tazun (Unknown)
Purwaka Purwaka (Unknown)
Fransiska Timoria Samosir (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2022

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang cepat sehingga kemampuan literasi digital sangat diperlukan terutama untuk anak yang berusia usia 13-17 tahun. Tujuan penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat literasi digital siswa di SMAN 3 Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 86 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat literasi digital siswa pada dimensi teknologi (Techonological) memperoleh skor rata-rata 3,3 (tiga koma tiga) poin yang dikategorikan cukup baik. Kemudian, untuk dimensi kognitif (Cognitive) memperoleh skor rata-rata 3,5 (tiga koma lima) poin dikategorikan baik, dan dimensi etika (Ethical) memperoleh skor rata-rata 3,8 (tiga koma delapan) poin yang dikategorikan baik. Berdasarkan rekapitulasi hasil keseluruhan dapat dikatakan literasi digital siswa dikategorikan baik dengan score 3,5. Akan tetapi, terdapat beberapa indikator yang masuk dalam kategori kurang baik, yaitu indikator pada dimensi teknologi dan dimensi kognitif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPKA

Publisher

Subject

Library & Information Science

Description

Jurnal Ilmiah Program Studi Diploma 3 Perpustakaan Universitas Tanjungpura merupakan Jurnal Peer-Review terbitan Program Studi Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura, Pontianak. Kajian Jurnal Informasi, Perpustakaan, dan Kearsipan (JIPKA) bertujuan untuk ...