Kesulitan dalam memahami konsep mata kuliah kendali hampir dialami bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah teknik kendali. Dengan adanya alat peraga pembelajaran dimaksudkan untuk membantu mahasiswa memahami konsep sistem kendali secara nyata dalam bentuk rangkaian kendali nyata. Tahapan pembuatan alat peraga pembelajaran dilakukan dengan pembuatan program dan rangkaian mikrokontroller untuk aplikasi kendali intensitas cahaya, kendali kecepatan motor DC dan kendali motor stepper. Dari hasil tahapan perancangan modul dan pembuatan serta uji coba modul pembelajaran mikokontroller avr pada penerapan kendali cerdas telah dilakukan percobaan perubahan sinyal DC PWM (Pulse Width Modulation) dari rangkaian mikrontroller dengan dutycycle 25-99 untuk mengendalikan tegangan untuk beban lampu pijar untuk menghasilkan intensitas cahaya 202-8120 lux, percobaan perubahan sinyal DC PWM dari rangkaian mikrokontroller dengan dutycycle 50 – 100 untuk mengendalikan kecepatan motor DC dari 131 – 240 rpm, percobaan pembakit pulse dari rangkaian mikrokontroller untuk mengatur posisi gerakan motor stepper dengan pulse yang dibangkitkan 6.25 – 50 untuk mengatur posisi dari 45 derajat sampai 360 derajat. Dari hasil percobaan pengaturan intensitas cahaya, pengaturan kecepatan motor DC dan pengaturan posisi motor stepper merupakan realisasi aplikasi nyata dalam materi pembelajaran teknik kendali cerdas yang dapat membantu mahasiswa dalam pemahaman penerapan teknik kendali cerdas dalam penerapan nyata. Modul hasil percobaan bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran sebagai alat peraga pembelajaran pada mata kuliah teknik kendali cerdas untuk membuktikan proses pengendalian intensitas cahaya, pengaturan kecepatan motor DC dan pengaturan posisi gerakan motor stepper menggunakan rangkaian kendali mikrokontroller AVR.
Copyrights © 2021