Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol. 8 No. 2 (2019): September (2019)

IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DALAM BIMBINGAN TUGAS KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIA SEMESTER I SD NEGERI 24 PEMECUTAN

Nyoman Kariasa (SD Negeri 24 Pemecutan)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang ditujukan untuk membenahi kelemahan-kelemahan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Penelitian ini mengambil subjek pada siswa Kelas VIA SD Negeri 24 Pemecutan pada Semester I. Data hasil penelitian ini dikumpulkan menggunakan tes, dan untuk menganalisis data yang dihasilkan digunakan analisis desktiptif. Data yang peroleh dari hasil pelaksanaan penelitian ini terlihat jelas adanya peningkatan dari data awal yang ada rata-rata kelasnya baru mencapai 69,20 dengan ketuntasan belajar 64,50%, pada siklus I meningkat menjadi 74,75 dengan ketuntasan belajar 83,85% dan pada siklus II meningkat menjadi 81,90 dengan ketuntasan belajar 100%. Keberhasilan tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas VIA SD Negeri 24 Pemecutan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

emasains

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Mathematics

Description

Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains is a mathematics and science education journal which published and managed by the FKIP Education University PGRI Mahadewa Indonesia. This journal is published twice a year, namely March and September. Contains Indonesian-language writings derived from ...