Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik yang dilakukan oleh guru dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Proses Pembelajaran pada mata pelajaran IPA SMP di Kabupaten Lombok Barat. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru di sekolah negeri dan swasta yang telah mengimplementasikan Kurikulum 2013. Sampel penelitian diperoleh melalui teknik stratified random sampling dengan mengambil 15% dari jumlah populasi sebanyak 162, sehingga jumlah sampel yaitu 16 guru sekolah negeri dan 8 guru sekolah swasta. Data dikumpulkan dengan cara dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan saintifik dalam RPP yaitu sudah masuk kategori Sangat Baik. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan menggunakan pendekatan saintifik memiliki kategori Cukup Baik pada langkah Menanya dan Mengasosiasi. Guru yang menerapkan kegiatan 5M secara lengkap dan berurut sebanyak 25%, sementara guru yang menerapkan 5M secara lengkap namun tidak berurut yaitu 37.5%, serta guru yang tidak menerapkan 5M secara lengkap yaitu 37.5%.
Copyrights © 2020