Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol. 10 No. 2 (2021): September 2021

Implementasi Pembelajaran Daring Berbasis Kartun Berbantuan Video Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar IPA pada Siswa SMP Negeri 1 Kerambitan

NI NYOMAN SERMA ADI (IKIP SARASWATI)
DEWA NYOMAN OKA (Unknown)
NI MADE SERMA WATI (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Implementasi Pembelajaran Daring Berbasis Kartun Berbantuan Video dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar IPA pada siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Kerambitan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dan juga merupakan penelitian kolaboratif yang ditandai dengan adanya kerjasama antara guru wali kelas dengan pihak peneliti. Penelitian ini menggunakan II siklus, di mana masing-masing siklus menggunakan desain Penelitian Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kerambitan tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari perempuan 17 orang dan laki-laki 13 orang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis data statistik deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi motivasi dan tes prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Pembelajaran Daring Berbasis Kartun Berbantuan Video dapat Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar IPA pada siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Kerambitan. Ini terbukti dari nilai rata-rata motivasi belajar pada siklus 1 yaitu 67,66 berada pada kategori cukup aktif, dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata 84,16 yang berada pada kategori aktif. Sedangkan Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dimana pada refleksi awal nilai rata-rata prestasi belajar siswa yaitu 60,16 dengan kategori Kurang Aktif, sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar pada siklus I yaitu 72,00 dengan kategori Cukup Aktif, dan mengalami peningkatan rata-rata prestasi belajar pada siklus II yaitu 83,5 dengan kategori Sangat Aktif. Maka berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Pembelajaran Daring Berbasis Kartun Berbantuan Video dapat Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar IPA pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Kerambitan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

emasains

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Mathematics

Description

Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains is a mathematics and science education journal which published and managed by the FKIP Education University PGRI Mahadewa Indonesia. This journal is published twice a year, namely March and September. Contains Indonesian-language writings derived from ...