Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bagaimana motivasi dan efektivitas belajar online dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi, di SDIT Riyadlul Jannah Cikarang Utara. Metode penelitian ini menerapkan jenis penelitan kualitatif melalui studi lapangan dan analisis isi. Hasil dalam penelitian ini ialah Model pembelajara online dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam meskipun mata pelajaran ini lebih teoritik, untuk di SDIT Riyadul Jannah Cikarang Utara kurang efektif. Hal ini disebabkan karena guru dan siswa, kurang begitu ramah terhadap aplikasi pembelajaran online. Berhubungan dengan hal itu, motivasi siswa di Sekolah tersebut dalam belajar online, terbilang cukup rendah. Penelitian ini merekomendasikan perlu adanya pendalaman dalam metode pengajaran online di masa pandemi, agar minat dan motivasi siswa dalam belajar, meningkat. Kata kunci: Efektivitas, Motivasi, Pandemi Covid-19, Pendidikan Agama Islam
Copyrights © 2021