cover
Contact Name
Fuad Hilmi
Contact Email
jurnalpergunujbr@gmail.com
Phone
+6281111123486
Journal Mail Official
jurnalpergunujbr@gmail.com
Editorial Address
https://ejurnal.guru-aswaja.com/index.php/aswaja/Editorial-Board Pimpinan Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama Propinsi Jawa Barat Jl Terusan Galungung No. 9 , Bandung, Provinsi Jawa Barat, 40263
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
ASWAJA: Jurnal Pendidikan dan Keislaman
ISSN : -     EISSN : 27985555     DOI : -
ASWAJA: Jurnal Pendidikan dan Keislaman adalah terbitan berkala nasional yang diterbitkan oleh Departemen Penelitian dan Pengembangan Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Jawa Barat. Jurnal Pembelajar juga merupakan media publikasi untuk mendiseminasikan hasil-hasil penelitian, pengembangan dan penerapannya di bidang pendidikan
Articles 27 Documents
MENINGKATKAN SPIRITUALITAS REMAJA MELALUI PENDIDIKAN KELUARGA Fuad Hilmi
ASWAJA: Jurnal Pendidikan dan Keislaman Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN KEISLAMAN
Publisher : Pergunu Jawa Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (839.749 KB)

Abstract

Abstract The purpose of this research is to see how family education can improve youth spirituality. The method used is qualitative in which the data is in a natural setting with the intention of researching the phenomena that occur. Research based on theoretical studies on family education can improve the spirituality of adolescents keywords: education, youth, family
URGENCY OF RELIGIOUS TOLERANCE IN PEACE EDUCATION: URGENSI TOLERANSI BERAGAMA DALAM PENDIDIKAN PERDAMAIAN deden Syarif
ASWAJA: Jurnal Pendidikan dan Keislaman Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN KEISLAMAN
Publisher : Pergunu Jawa Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (660.171 KB)

Abstract

The purpose of this study was to determine how peace education can foster religious tolerance. The research method used is qualitative where data collection is in a natural setting with the intention of interpreting the phenomena that occur. Research based on theoretical studies on peace education fosters a sense of religious tolerance.
The Influence of Online Learning Effectiveness On PAI Masa Pandemi Lesson On Student Motivation Of Sdit Riyadlul Jannah Cikarang Utara Academic Year2020/2021 Arip Budiman Arip Budiman
ASWAJA: Jurnal Pendidikan dan Keislaman Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN KEISLAMAN
Publisher : Pergunu Jawa Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (523.58 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bagaimana motivasi dan efektivitas belajar online dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi, di SDIT Riyadlul Jannah Cikarang Utara. Metode penelitian ini menerapkan jenis penelitan kualitatif melalui studi lapangan dan analisis isi. Hasil dalam penelitian ini ialah Model pembelajara online dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam meskipun mata pelajaran ini lebih teoritik, untuk di SDIT Riyadul Jannah Cikarang Utara kurang efektif. Hal ini disebabkan karena guru dan siswa, kurang begitu ramah terhadap aplikasi pembelajaran online. Berhubungan dengan hal itu, motivasi siswa di Sekolah tersebut dalam belajar online, terbilang cukup rendah. Penelitian ini merekomendasikan perlu adanya pendalaman dalam metode pengajaran online di masa pandemi, agar minat dan motivasi siswa dalam belajar, meningkat. Kata kunci: Efektivitas, Motivasi, Pandemi Covid-19, Pendidikan Agama Islam
HUBUNGAN ANTARA TANGGAPAN TERHADAP BIMBINGAN KEAGAMAAN ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDUNG Putri Anditasari
ASWAJA: Jurnal Pendidikan dan Keislaman Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN KEISLAMAN
Publisher : Pergunu Jawa Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (840.999 KB)

Abstract

Adanya kesenjangan antara kemandirian siswa di sekolah dengan tanggapan siswa terhadap bimbingan keagamaan orang tua dalam lingkungan keluarga menjadi latar belakang permasalahan dalam penelitian ini. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui data tentang tanggapan siswa terhadap bimbingan keagamaan orang tua dalam lingkungan keluarga, kemandirian siswa di sekolah, dan hubungan antara tanggapan siswa terhadap bimbingan keagamaan orang tua dalam lingkungan keluarga dengan kemandirian mereka di sekolah. Penelitian ini menarik hipotesis “Semakin positif tanggapan siswa terhadap bimbingan keagamaan orang tua dalam lingkungan keluarga maka semakin baik kemandirian mereka di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket kepada 40 siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandung, observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Analisis data yang digunakan dengan cara mencari angka rata-rata pada setiap indikator, menentukan koefisien korelasi dan menetukan ada atau tidak adanya korelasi serta mereduksi data, kategorisasi data uji keabsahan serta mengambil simpulan. Hasil penelitian terkait tanggapan siswa terhadap bimbingan keagamaan orang tua dalam lingkungan keluarga diperoleh angka rata-rata 4,45 (kategori baik). Terkait kemandirian siswa diperoleh angka rata-rata 3,69 (kategori baik). Realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap bimbingan keagamaan orang tua dalam lingkungan keluarga dengan kemandirian mereka di sekolah diperoleh nilai 0,18 (kolerasi sangat rendah). Kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 2% sedangkan 98% lagi dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai thitung 1,13 > dari ttabel 0,36 maka hipotesis yang diajukan diterima.
STRATEGI PENGELOLAAN ZAKAT saepuloh saepuloh
ASWAJA: Jurnal Pendidikan dan Keislaman Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN KEISLAMAN
Publisher : Pergunu Jawa Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1088.238 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui seperti apa strategi yang dilakukan oleh BAZNAS Kabupaten Bandung dalam hal Optimalisasi Pengumpulan Zakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melihat fenomena yang anda lalu ditafsirkan. Penelitian dilandasi dari pengeloaan BAZNAS membuat SOP atau Standar Operaeional Prosedur, serta menerapkan standar ini yang berfungsi sebagai pedoman untuk mengantisipasi berbagai macam situasi tak terduga yang akan dihadapi oleh BAZNAS, sekaligus acuan untuk melaksanakan pekerjaan.
Jurnal Kurikulum Sejarah Jurnal: Jurnal Kurikulum Sejarah Indra Rezza Valentino
ASWAJA: Jurnal Pendidikan dan Keislaman Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN KEISLAMAN
Publisher : Pergunu Jawa Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (608.084 KB)

Abstract

Pengembangan kurikulum dan kritik kurikulum sangat lah di perlukan dalam rangka meningkatkan mutu cara mengajar mata Pelajaran Sejarah dan Kebudayaan Islam di sekolah–sekolah Mts (Madrasah Tsanawiyah Swasta) sangat penting untuk dilakukan, khususnya Mts Misyakulhuda, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengembangan kurikulum dan kritik kurikulum dalam meningkatkan pelaksanaan cara mengajar Pelajaran Sejarah dan Kebudayaan Islam, mengetahui kegiatan apa saja yang terdapat dalam kurikulum yang mendukung pelaksanaan peningkatan mutu cara mengajar Pelajaran Sejarah dan Kebudayaan Islam, dan mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam peningkatan Pelajaran Sejarah dan Kebudayaan Islam, melalui pengembangan kurikulum di Mts Misyakulhuda. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum dalam meningkatkan Pelajaran Sejarah dan Kebudayaan Islam di Mts Misyakulhuda adalah dengan memasukkan Pelajaran Sejarah dan Kebudayaan Islam, pada muatan pengetahuan tentang sejarah nasional, dan sejarah budaya lokal. Kegiatan dalam kurikulum dalam peningkatan Pelajaran Sejarah dan Kebudayaan Islam adalah bahwa semua kegiatan di Mts Misyakulhuda dilaksanakan dengan selalu meningkatkan pendidikan Pelajaran Sejarah dan Kebudayaan Islam peserta didik. Kelebiahan yang di miliki Mts Misyakulhuda ialah dengan banyaknya variatif isi dari mata pelajaran Sejarah dan Kebudaayan islam membuat siswa lebih banyak tau tentang Sejarah dan Kebudayaan Islam, baik bersifat nasional dan lokal, sedangkan yamg menjadi kritik kami terhadap kurikulum sejarah dan kebudaan islam di Mts Misyakulhuda, yaitu siswa dan siswi nya berbeda dalam hal bagaimana cara mereka menangkap dan memahami pelajaran Sejarah dan kebudayaan Islam, siswa laki-laki lebih dalam memahami pelajaran dengan mengambar, sedangkan siswinya lebih dengan tulisan.
Jurnal Kepemimpinan Jurnal Kepemimpinan Nabi Muhammad: Jurnal Kepemimpinan Nabi Muhammad Mutakhin
ASWAJA: Jurnal Pendidikan dan Keislaman Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN KEISLAMAN
Publisher : Pergunu Jawa Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (891.498 KB)

Abstract

Vlad III, Adolf Hitler dan Benito Mussolini merupakan seorang yang kejam dalam memimpin. Mereka tak segan-segan membunuh musuh-musuhhya dengan cara yang sadis. Kepribadian mereka benarbenar berbeda dari Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW memiliki akhlak yang mulia. Salah satunya yaitu Nabi Muhammad SAW seorang pemaaf. Nabi Muhammad SAW juga melarang keras untuk membunuh tawanan perang, melarang membunuh anak-anak, wanita, prajurit bayaran, budak, dan kakek-kakek. Kemudian, Nabi Muhammad SAW juga memaafkan tawanan Perang Hunain yang berjumlah 6.000 tawanan, yang terdiri dari anak-anak dan kaum perempuan. Padahal, sebelumnya mereka telah menghujani kaum muslim dengan ribuan anak panah hingga kaum muslim nyaris binasa. Ketika memimpin pasukan militer, dalam mengambil tindakan, Nabi Muhammad SAW selalu bermusyawarah dengan para sahabat. Pada hakikatnya Nabi Muhammad SAW adalah seorang manusia biasa. Beliau pun pernah terluka sampai mengeluarkan darah. Dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut sikap dan kepemimpinan Nabi Muhammad SAW dalam bidang militer.
Peran Motivasi Kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Ditinjau Dari Aspek Agama, Filosofis, Psikologis & Sosiologis Dalam Meningkatkan Kualitas Penyelenggaraan Pendidikan (Studi kasus pada Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekas: Peran Motivasi Kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Ditinjau Dari Aspek Agama, Filosofis, Psikologis & Sosiologis Dalam Meningkatkan Kualitas Penyelenggaraan Pendidikan (Studi kasus pada Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kecamatan Pebayuran Kab Ratih Komala; Heriyanto Heriyanto; Nur Apni Dwi Prastiwi
ASWAJA: Jurnal Pendidikan dan Keislaman Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan dan Keislaman
Publisher : Pergunu Jawa Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (893.737 KB)

Abstract

Abstract Leadership has a very close relationship with motivation, because the success of a leader in moving others to achieve the goals that have been set is very dependent on the authority and ability to create motivation. Without motivation in educational leadership, the educational process that has been stated in the National Education Standards will not run effectively, this can be seen in education under the auspices of the Ministry of Religion which includes RA, MI, MTS and MA which in its development is not as good as general education under the auspices of Ministry of Education, Culture, Research & Technology. The question that arises then, do education leaders in Indonesia have a strong character in building the motivation of all education actors to realize quality education? Thus, this study aims to identify the nature of the religious, philosophical, psychological and sociological leadership motivations of the madrasah principals in the Kec. Pebayuran Kab. Bekasi and its influence on the implementation of education.  This study uses a literature study method and is accompanied by field studies with interview techniques and simple surveys to 10 Private Madrasah Tsanawiyah, Pabayuran District, Bekasi Regency.  From the findings regarding the motivation to lead madrasah principals who tend to make awards as the main motivation in leading, but madrasah principals have been able to build motivation because generally madrasah principals have been able to create a conducive organizational climate by involving all parts of the organization to play an active role in achieving educational goals in madrasah. .   The description of the leadership motivation of the Head of MTS has an impact on the implementation of education in Madrasahs which have the opportunity to continue to develop towards the provision of quality education that is able to compete with general education units so that they can jointly realize the goals of national education to educate the life of the Indonesian nation.            
MANAJEMEN PENERAPAN ETIKA BELAJAR PESERTA DIDIK UNTUK MEMPEROLEH KESALEHAN AKADEMIK ajangrifai
ASWAJA: Jurnal Pendidikan dan Keislaman Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan dan Keislaman
Publisher : Pergunu Jawa Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (854.069 KB)

Abstract

ABSTRACT The title of this research is "Management of the Application of Learning Ethics for Students to Obtain Academic Virtue" This research was carried out in Madrasah Tsanawiyah Al-Kareem and Madrasah Tsanawiyah Al-Musthofa, Garut Regency. This writing arises from the fact that many of the students lack ethics in studying, causing a decline in ethical values, thin solidarity, increasing juvenile delinquency, various cases of declining morals of students today, especially at the high school level, and students have not yet received the fruits. knowledge and the blessing of science for not being able to understand the procedures for obtaining useful knowledge. The problems in this study are: How is the management of the application of students' learning ethics to obtain academic piety at Madrasah Tsanawiyah, Garut Regency. The purpose of this study was to obtain an overview of the planning, implementation, evaluation, supporting factors and obstacles faced in the management of the application of students' learning ethics to obtain academic piety. This study used a qualitative approach and data collection techniques were carried out through triangulation of observations, interviews and documentation studies, while the data sources were through triangulation: Head of Madrasah, Teachers and Students. The results of the study show: First, in the aspect of learning planning at Madrasah Tsanawiyah, Garut Regency, the teacher prepares an annual program, semester program, syllabus development and preparation of learning implementation plans. Second, in the aspect of learning implementation using the syllabus and lesson plans that were compiled by each teacher. The lesson plan is prepared by the teacher according to the time allocation. Third, in the aspect of learning evaluation, Madrasah Tsanawiyah Garut Regency carried out four stages, namely: 1) Initial evaluation to make a learning plan by analyzing the internal and external environment of the madrasa, 2) Evaluation of the process or implementation of learning. 3) Evaluation of learning outcomes to see how far the learning objectives have been achieved, 4) Evaluation of the overall learning program, this evaluation is carried out by madrasas at least once a month, six months and a year. Key words: Management, Learning Ethics, Students, Academic Piety
MANAJEMEN KELAS PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DENGAN METODE THINK PAIR SHARE imas sitinurohmah
ASWAJA: Jurnal Pendidikan dan Keislaman Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan dan Keislaman
Publisher : Pergunu Jawa Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1125.898 KB)

Abstract

The government strives to improve the quality of education continuously by using various learning methods. This is done so that the purpose of education in the Republic of Indonesia Law no. 20 of 2003 can be achieved. However, the facts in the field of Active, Innovative, Creative, Effective and Fun learning are still not implemented. The indicator during discussion activities is that not all students are active so that the learning objectives are not entirely focused on learning morals which have an impact on student achievement. A step is needed to overcome these problems by using classroom management and strengthening the Think Pair Share (TPS) learning method. Class management is classroom governance while the Think Pair Share (TPS) method is how to learn to share, pair and present. The purpose of this study is to determine the planning, implementation, evaluation, learning outcomes and supporting factors, barriers and solutions. The author describes classroom management, learning morals, learning achievement and the TPS method to make it easier to describe research in the literature review. The research method used is descriptive qualitative analysis by collecting data through observation, interviews and documentation. The research process is determined by the subject, approach, type, location and research technique as well as testing the validity of the data and data analysis. The results of this study are classroom management carried out by PAI teachers, namely preparing learning programs according to the Think Pair Share (TPS) method, carrying out learning by using paired discussions and presenting the results of discussions and evaluating learning by evaluating process, output, formative and summative. The conclusion of this study is that the Think Pair Share (TPS) method is able to improve student achievement with indicators of cognitive, affective and psychomotor values ??exceeding the KKM standard.

Page 1 of 3 | Total Record : 27