ASWAJA: Jurnal Pendidikan dan Keislaman
Vol. 1 No. 1 (2021): JURNAL PENDIDIKAN DAN KEISLAMAN

HUBUNGAN ANTARA TANGGAPAN TERHADAP BIMBINGAN KEAGAMAAN ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDUNG

Putri Anditasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2021

Abstract

Adanya kesenjangan antara kemandirian siswa di sekolah dengan tanggapan siswa terhadap bimbingan keagamaan orang tua dalam lingkungan keluarga menjadi latar belakang permasalahan dalam penelitian ini. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui data tentang tanggapan siswa terhadap bimbingan keagamaan orang tua dalam lingkungan keluarga, kemandirian siswa di sekolah, dan hubungan antara tanggapan siswa terhadap bimbingan keagamaan orang tua dalam lingkungan keluarga dengan kemandirian mereka di sekolah. Penelitian ini menarik hipotesis “Semakin positif tanggapan siswa terhadap bimbingan keagamaan orang tua dalam lingkungan keluarga maka semakin baik kemandirian mereka di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket kepada 40 siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandung, observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Analisis data yang digunakan dengan cara mencari angka rata-rata pada setiap indikator, menentukan koefisien korelasi dan menetukan ada atau tidak adanya korelasi serta mereduksi data, kategorisasi data uji keabsahan serta mengambil simpulan. Hasil penelitian terkait tanggapan siswa terhadap bimbingan keagamaan orang tua dalam lingkungan keluarga diperoleh angka rata-rata 4,45 (kategori baik). Terkait kemandirian siswa diperoleh angka rata-rata 3,69 (kategori baik). Realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap bimbingan keagamaan orang tua dalam lingkungan keluarga dengan kemandirian mereka di sekolah diperoleh nilai 0,18 (kolerasi sangat rendah). Kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 2% sedangkan 98% lagi dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai thitung 1,13 > dari ttabel 0,36 maka hipotesis yang diajukan diterima.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

aswaja

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

ASWAJA: Jurnal Pendidikan dan Keislaman adalah terbitan berkala nasional yang diterbitkan oleh Departemen Penelitian dan Pengembangan Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Jawa Barat. Jurnal Pembelajar juga merupakan media publikasi untuk mendiseminasikan hasil-hasil penelitian, pengembangan dan ...