Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 2 (2022): Volume 5 Nomor 2 Tahun 2022

Pengembangan Mathlite untuk Meningkatkan Kerja Sama Siswa Kelas IV SD

Yohana Setiawan (Universitas Kristen Satya Wacana)
Monica Synthia Oktaviani (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2022

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerja sama pada siswa, Ketertarikan siswa dengan Pelajaran Matematika dan Minat Membaca Siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kutowinangun 11 Kecamatan Tingkir Kota Salatiga yang terhitung pada bulan Mei hingga Juni. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian R&D (Research and Development) atau penelitian pengembangan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas IV di SDN Kutowinangun Salatiga . Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, Observasi wawancara, dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini adalah dengan Mathlite kita dapat meningkatkan kemampuan kerja sama yang di miliki siswa dan meningkatkan minat siswa dengan Matematika. Kemampuan Kerja sama siswa perlu di tingkatkan, karena akan mempengaruhi kepribadian siswa, cara siswa bersosialisasi, dan akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dengan begitu peran Guru sangat diperlukan untuk mengemas pembelajaran dalam kelas dengan Pembelajaran yang berbasis Kerja sama karena itu akan membuat kemampuan kerja sama siswa terasah, kepribadian siswa menjadi lebih baik,dan hasil belajar siswa meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

proximal

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Proximal publishes research results, literature studies, and scientific papers on mathematics and mathematics education. Published scientific studies include Mathematics Teaching, Development of Mathematics Education, Mathematical Sciences, Applied Mathematics, Actuarial Mathematics, and related ...