Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 2 (2022): Volume 5 Nomor 2 Tahun 2022

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau dari Kepercayaan Diri

Anisa Wijiasih (Unknown)
Awalludin, Subhan Ajiz (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2022

Abstract

Dalam proses penyelesaian soal serta perbedaan kategori kepercayaan diri dapat mempengaruhi hasil akhir yang mereka temukan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari kepercayaan diri pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu tiga siswa SMAI Al-Azhar 4. Terdapat empat indikator kemampuan berpikir kritis matematis dalam penelitian ini yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Hasil penelitian diperoleh bahwa subjek M mencakup empat indicator kemampuan berpikir kritis matematis, N mencakup tiga dari empat indikator yaitu analisis, evaluasi, dan inferensi. Sedangkan subjek H hanya mencakup indikator interpretasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

proximal

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Proximal publishes research results, literature studies, and scientific papers on mathematics and mathematics education. Published scientific studies include Mathematics Teaching, Development of Mathematics Education, Mathematical Sciences, Applied Mathematics, Actuarial Mathematics, and related ...