Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan
Vol. 1 No. 10 (2021)

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Hasil Belajar Peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi di UPT BLK Singosari Malang

Annisa Wahyu Rosena (Universitas Negeri Malang)
Zulkarnain Zulkarnain (Universitas Negeri Malang)
Edi Widianto (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2021

Abstract

Penelitian mengenai faktor yang memengaruhi hasil belajar dilaksanakan di UPT BLK Singosari Malang untuk mengetahui gambaran faktor serta pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta pelatihan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang menekankan pada penggunaan angka dan analisis statistik. Responden terdiri dari 69 peserta pelatihan pada program pemerintah tahun 2021 dengan instrumen penelitian berupa angket dan catatan hasil belajar sebagai penghimpun data. Pengujian hipotesis dilakukan dengan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa faktor kesehatan, motivasi, keluarga dan masyarakat berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta pelatihan, sedangkan faktor intelegensi, bakat, minat dan lembaga tidak berpengaruh signifikan. Sementara itu, hasil uji simultan menunjukkan faktor-faktor tersebut berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta pelatihan dengan besaran kontribusi 36,7 persen. Hasil belajar peserta pelatihan memperlihatkan nilai yang bervariasi dengan nilai terendah 81,04 dan tertinggi 89,09 dengan mayoritas peserta memperoleh predikat baik sekali.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan menerbitkan naskah terkait pendidikan mencakup pembelajaran anak usia dini, sekolah dasar, bimbingan dan konseling, teknologi pendidikan, manajemen, pendidikan luar sekolah, serta pendidikan anak berkebutuhan ...