Jurnal Teknologi Pangan
Vol 3, No 1 (2019)

Pengaruh Jenis Pemanis Yang Berbeda Terhadap Viskositas dan Nilai pH Sirup Ekstrak Daun Jahe (Zingiber Officinale)

Shindy Raviola Rizka (Program Studi Teknologi Pangan Departemen Pertanian Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro)
Siti Susanti (Program Studi Teknologi Pangan Departemen Pertanian Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro)
Nurwantoro Nurwantoro (Program Studi Teknologi Pangan Departemen Pertanian Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
09 May 2019

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penggunaan jenis pemanis yang berbeda terhadap viskositas dan nilai pH sirup ekstrak daun jahe. Bahan yang digunakan adalah ekstrak daun jahe, propilen glikol, CMC, asam sitrat, aquades dan pemanis yang berbeda setiap perawatan. Penelitian disusun dengan Rancangan Acak Lengkap menggunakan 4 rancangan dan 5 kali ulangan dengan variasi jenis pemanis yang berbeda yaitu T 1 (sorbitol), T 2 (sukrosa), T 3 (HFS), dan T 4 (madu). Viskositas diterima dengan metode Ostwald dan nilai pH diperoleh dengan pH meter. Analisis data yang digunakan yaitu Analisis Varian (ANOVA) pada taraf signifikansi 5%.Hasil analisis menunjukkan bagaimana penggunaan jenis pemanis yang berbeda pada sirup ekstrak daun jahe memberikan nyata (P <0,05) terhadap nilai pH dan viskositas sirup ekstrak daun jahe. Viskositas sirup dan nilai pH sesuai dengan standar.  

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tekpangan

Publisher

Subject

Veterinary

Description

Jurnal Teknologi Pangan memuat artikel ilmiah di bidang teknologi pangan yang meliputi bidang: mikrobiologi pangan, kimia dan gizi pangan, bioteknologi pangan, rekayasa pangan dan hasil pertanian. Bidang ilmu lain yang terkait dengan pangan juga akan dimuat dalam jurnal ini selama fokus utama ...