Bosowa Journal of Education
Vol 2 No 1 (2021): Bosowa Journal of Education, Desember 2021

Penerapan Teknik Akrostik Menggunakan Media Audiovisiual Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Bebas Bahasa Indonesia Siswa UPT SPF SD Inpres Pannampu II Kecamatan Tallo Kota Makassar

Marhani Marhani (Sekolah Dasar Inpres Pannampu II Makassar)
Mas'ud Muhamadiyah (Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa)
Andi Hamsiah (Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian yaitu (1) untuk mendeskripsikan.kemampuan menulis puisi.Bebas Bahasa Indonesia sebelum diterapkan.teknik.akrostiek.menggunakan media audiovisual dalam pembelajaran menulis puisi bebas bahasa Indonesia siswa UPT SPF SD Inpres Pannampu II Kecamatan Tallo Kota Makassar (2) untuk.mendeskripsikan kemampuan menulis puisi Bebas Bahasa Indonesia setelah diterapkan teknik akrostiek menggunakan media.audiovisual dalam pembelajaran menulis puisi bebas bahasa Indonesia siswa UPT SPF SD Inpres Pannampu II Kecamatan Tallo Kota Makassar,dan (3) membuktikan adanya pengaruh penerapan teknik akrostiek menggunakan.media.audiovisual.dalam pembelajaran menulis puisi.bebas bahasa Indonesia siswa UPT SPF SD Inpres Pannampu 2 Kecamatan Tallo Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa UPT SPF SD Inpres Pannampu 2 Kecamatan tallo Kota Makassar yang berjumlah 25 siswa. Penarikan sampel dengan menggunakan.teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah SD sebanyak 25 siswa. Desain penelitian ini menggunakan Randomized Pretest-posttest Group Design. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. The objectives of this study were (1) to describe the ability to write free poetry in Indonesian language before the implementation of Akrostik Techniques using audiovisual media in learning to write free poetry in Indonesian language for the students of UPT SPF SD Inpres Pannampu II, Tallo District, Makassar City (2) to describe the ability to write Indonesian free poetry after the implementation of acrostic techniques using audiovisual media in learning to write Indonesian free poetry for the students of UPT SPF SD Inpres Pannampu II students, Tallo District, Makassar City, and (3) to prove the effect of applying acrostic techniques using audiovisual media in learning to write Indonesian free poetry for the students of UPT SPF SD Inpres Pannampu 2, Tallo District, Makassar City. This study is a quasi-experimental research. The population of this study were all students of UPT SPF SD Inpres Pannampu 2, Tallo District, Makassar City, with a total of 25 students. Withdrawal of samples used random sampling techniques. The samples of this research were 25 students. The research design used a randomized pretest-posttest group design. Data analysis used descriptive statistical analysis and inferential statistics.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Bosowa Journal of Education menerbitkan artikel yang pada bidang pendidikan dasar, pendidikan bahasa inggris, pendidikan sains, pendidikan matematika, pendidikan bahasa dan sastra indonesia dan pendidikan anak usia ...