Jurnal Jendela Ilmu
Vol 2, No 1 (2021): Juni

Analisis Indeks Desa Membangun Di Kampung Klayili Distrik Klayili Kabupaten Sorong

Aram Palilu (Universitas Victory Sorong)
Joseph E. Lopulalan (Unknown)
Ratna R. Pakpahan (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2021

Abstract

Model pembangunan pinggiran lebih menekankan pada keterkaitan pembangunan antara pusat dan pinggiran akan menciptakan daya sebar (spread effects), yakni efek sebar dari pusat ke pinggiran dan daya serap balik (back wash effects), yakni efek serap balik dari pinggiran ke pusat. Dengan demikian, upaya pemberdayaan masyarakat harus sesuai dengan kondisi dan situasi objektif di desa sehinga menuju desa mandiri. Pertanyaan risetnya adalah bagaimanakah klasifikasi status dari Kampung Klayili berdasarkan IDM. Sedangkan tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui klasifikasi status dari Kampung Klayili berdasarkan IDM. Teknik pengumpulan data, meliputi observasi, wawancara, dan dokumen. Untuk keperluan pengumpulan data dan pengolahan data, maka sampel ditentukan berdasarkan purposive sampling. Jenis penelitian yang dugunakan adalah kuantitatif. Alat analisis data yang dipakai, yaitu IDM. Hasil penelitian menunjukkan Indeks dari masing-masing ketiga variabel di Kampung Klayili adalah 0,485 untuk ketahanan sosial; 0,490 untuk indeks ketahanan ekonomi, dan 0,543 untuk ketahanan lingkungan. Dengan demikian, hasil indeks dari ketiga variabel tersebut diatas maka diperoleh hasil akhir rata-rata dari IDM di Kampung Klayili adalah sebesar 0,506. Hasil akhir ini, bila dikonsultasikan maka ada diantara kisaran range > 0,491dan < 0,599 sehingga klasifikasi status Kampung Klayili adalah merupakan desa tertinggal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ji

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Jendela Ilmu is a journal that contains research results and literature studies on social sciences, Eksata science and education. The purpose of this journal is so that lecturers and researchers publish their research results to be considered as a source of science and technology development. ...