Jurnal Nasional Cosphi
Vol 2, No 1 (2018): Januari-Juli 2018

Game Edukatif Bentuk Puzzle Pengenalan Tokoh Pahlawan Nasional Indonesia Berbasis Android

Amir Husain (Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Ichsan Gorontalo)
Hamsir Saleh (Unknown)
Hamria Hamria (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah game yang mampu memberikan pembelajaran dan pengetahuan yang lebih tentang Tokoh Pahlawan Nasional Indonesia berbasis android dan bertujuan untuk mengimplementasikan aplikasi game edukatif bentuk puzzle pengenalan Tokoh Pahlawan Naisonal. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah  metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan software pendukung yaitu Construct 2. Tahapan dalam proses penelitian ini meliputi tahap analisis, desain, konstruksi, pengembangan dan pengujian sistem. Pengujian yang dilakukan berupa validasi yang ditinjau oleh pakar media dan ahli materi, kemudain yang menjadi media uji coba adalah siswa. Aplikasi ini telah bebas dari kesalahan komponen-komponennya berdasarkan pengujian Black Box, dari hasil pengujian User Acceptance aplikasi dapat dimanfaatkan oleh anak-anak SD. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa diperoleh Game Edukatif Bentuk Puzzle Pengenalan Tokoh Pahlawan Nasional Indonesia Berbasis Android yang baik dan efektif sehingga dapat diimplementasikan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

cosphihome

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Energy

Description

Sistem Kendali (Control system), Optimasi (Optimization), computer Science, Sistem Tenaga (Power System), Teknik Tegangan Tinggi (High voltage engineering), artificial Intelligence, Elektronika (Electronics), Energi Terbarukan (Renewable ...