Science Education and Learning Journal
Vol 1 No 1 (2021): Sciences Education and Learning (SCEDULE) Journal

Kemampuan Mahasiswa Menulis Laporan Hasil Praktikum pada Matakuliah Biologi Air Tawar

Ahmad Yani (Prodi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Puangrimaggalatung)
Haerunnisa Haerunnisa (Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Puangrimagggalatung)
Sahriah Sahriah (Prodi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Puangrimaggalatung)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk mengetahui kemampuan mahasiswa menulis laporan hasil praktikum mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Prima Sengkang pada matakuliah Biologi Air Tawar. Populasi dalam penelitian yaitu mahasiswa pendidikan biologi semester tiga tahun akademik 2016/2017 dan dosen pengampuh. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini mahasiswa yang meprogramkan matakuliah Biologi Air Tawar berjumlah 87 mahasiswa, teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling sehingga jumlah sampel digunakan sebanyak 38 mahasiswa. Instrumen yang digunakan berupa pedoman penilaian penyusunan laporan praktikum yang digunakan untuk menilai laporan praktikum mahasiswa dengan menggunakan model CARS Swales. Data dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan mahasiswa menulis laporan hasil praktikum masih dianggap cukup dan perlu ditingkatkan lagi terutama dalam hal ketepatan menganalisis data temuan dan relevansi teori dalam menganalisis data ekprimen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

scedule

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences

Description

SCEDULE (Science Education and Learning) Journal bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara penelitian dan praktik, memberikan informasi, ide dan pendapat, disamping ujian kritis kemajuan dalam penelitian, pengajaran, dan pembelajaran biologi. Melalui cakupan kebijakan dan pengembangan ...