Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 2 No. 1 (2022): Vol. 2 No. 1 Januari-Juni 2022

MINAT BELAJAR MAHASISWA DALAM KULIAH DARING (Studi Deskriptif terhadap Mahasiswa Angkatan 2019 Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP PGRI Sumatera Barat)

Rasyid Ridha (STKIP PGRI Sumatera Utara)
Ahmad Zaini (STKIP PGRI Sumatera Utara)
Wira Solina (STKIP PGRI Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya mahasiswa yang sering tidak hadir dalam kuliah daring, adanya mahasiswa yang tidak merespon dosen dalam kuliah daring, adanya mahasiswa yang tidak mengumpulkan tugas saat kuliah daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan minat belajar mahasiswa dalam kuliah daring dilihat dari: 1) Perasaan senang. 2) Keterlibatan. 3) Ketertarikan . 4) Perhatian Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah 69 mahasiswa yang dipilih dengan teknik total sampling dengan 69 partisipan. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan klasifikasi persentase. Berdasarkan hasil penelitian tentang minat belajar mahasiswa dalam kuliah daring dilihat dari: 1) perasaan senang berada pada kategori cukup tinggi. 2) Keterlibatan berada pada kategori tinggi. 3) Ketertarikan berada pada kategori tinggi. 4) Perhatian berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada dosen agar melakukan inovasi atau mencoba berbagai metode perkuliahan daring agar mahasiswa antusias dan mengikuti kuliah daring dengan perasaan senang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...