AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi 
Vol 7, No 3 (2022): Edisi November 2022

PENGARUH PEMBELAJARAN TERINTEGRASI PRAKTIKUM TERHADAP PENCAPAIAN PENGETAHUAN DEKLARATIF SISWA MENGGUNAKAN ALAT LABORATORIUM DI SMA NEGERI 1 LAWA

Deska Varidi (Universitas Halu Oleo)
Asmawati Munir (Universitas Halu Oleo)
Murni Sabilu (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terintegrasi praktikum dan tidak terintegrasi praktikum terhadap pengetahuan deklaratif siswa menggunakan alat laboratorium di SMA Negeri 1 Lawa tahun ajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Lawa Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 95 orang yang terdiri dari 3 kelas. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis N-Gain. Berdasarkan hasil perhitungan N-Gain score untuk kelas kontrol adalah sebesar 0,4512 termasuk dalam kategori sedang, untuk nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen adalah sebesar 0,5620 termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain dalam bentuk persen, menunjukan bahwa nilai rata-rata N-Gain persen kelas kontrol adalah sebesar 45,1170 atau 45,12% termasuk dalam kategori kurang efektif. Sementara untuk rata-rata N-Gain persen pada kelas eksperimen adalah sebesar 56,2044% atau 56,20% termasuk dalam kategori cukup efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ampibi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi merupakan jurnal yang memuat tulisan berdasarkan hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan penerapan teori dalam bidang pendidikan biologi seperti model/metode Pembelajaran Biologi, Strategi Pembelajaran Biologi, Pembelajaran Biologi Media dan TIK ...