AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi 
Vol 7, No 1 (2022): Edisi Mei 2022

PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR BERBENTUK ENSIKLOPEDIA UNTUK MENDUKUNG MATERI SPERMATOPHYTA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA KELAS X

Wa Ode Rahma Iziah. A (Universitas Halu Oleo)
Jahidin Jahidin (Universitas Halu Oleo)
Asmawati Munir (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan tanggapan siswa terhadap sumber belajar berbentuk ensiklopedia untuk mendukung materi Spermatophyta mata pelajaran Biologi SMA kelas X. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE, meliputi tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Namun, dalam penelitian ini tidak melakukan tahap implementasi dan tahap evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan sumber belajar berbentuk ensiklopedia untuk mendukung materi Spermatophyta mata pelajaran Biologi SMA kelas X memperoleh kualifikasi kelayakan sangat valid dengan rata-rata persentase sebesar 93,18%. Tanggapan siswa terhadap sumber belajar berbentuk ensiklopedia untuk mendukung materi Spermatophyta mata pelajaran Biologi SMA kelas X memperoleh kualifikasi tanggapan sangat baik dengan rata-rata persentase sebesar 97,52%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ampibi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi merupakan jurnal yang memuat tulisan berdasarkan hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan penerapan teori dalam bidang pendidikan biologi seperti model/metode Pembelajaran Biologi, Strategi Pembelajaran Biologi, Pembelajaran Biologi Media dan TIK ...