Jurnal Cakrawala Pendas
Vol. 8 No. 2 (2022)

PENGELOLAAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Winda Amelia (Universitas Trilogi)
Arita Marini (Universitas Negeri Jakarta)
Maratun Nafiah (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Menumbuhkan pendidikan karakter di sekolah dasar, dapat dilakukan melalui integrasi dalam pembelajaran. Bahkan mata pelajaran matematika yang memiliki dianggap sebagai mata pelajaran yang berkutat pada hitungan dapat mengintegrasikan muatan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan pendidikan karakter melalui pembelajaran matematika di Sekolah Dasar meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan dengan obyek penelitiannya digali melalui beragam informasi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif dengan menggunakan model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengelolaan pendidikan karakter melalui pembelajaran matematika meliputi Desain program dan RPP meliputi pendidikan karakter pada keterampilan penting dan keterampilan dasar, dan memiliki kartu evaluasi karakter siswa. Nilai-nilai karakter yang tercantum dalam kurikulum dan RPP antara lain agama, kejujuran, disiplin, demokrasi, kreativitas, rasa ingin tahu, toleransi, kepedulian sosial, komunikasi, dan tanggung jawab. 2) Pengelolaan pendidikan karakter dalam kegiatan pendahuluan pembelajaran matematika adalah guru untuk terbiasa dengan penerapan agama, disiplin, cara dan perawatan lingkungan. 3) Pengelolaan pendidikan karakter pada evaluasi pembelajaran matematika guru melakukan penilaian dengan melakukan ulangan harian serta melakukan pengamatan sikap, pengetahuan dan ketrampilan siswa dalam proses pembelajaran. Penialaian atau evaluasi pembelajaran yang dilakukan pada proses pembelajaran dan ulangan dapat dilakukan dengan mengamati sikap sosial dan religius, pengetahuan dan keterampilan siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Cakrawala Pendas (JCP) aims to provide researchers with scholarly discourses, theories, research methods, and findings. Therefore, the journal accepts manuscripts related to all aspects of Elementary Education. It is also keen to help make connections among researchers. Jurnal Cakrawala ...