Duta.com : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol 13 No 2 (2017)

Sistem Presensi Mahasiswa Dengan Fingerprint Berbasis Website

Eko Wijayanto (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Yusuf Sulistyo Nugroho (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2017

Abstract

Dewasa ini, perkembangan teknologi informasi semakin hari semakin pesat. Tak terkecuali di bidang akademik. Salah satu pemanfaatan teknologi di bidang akademik adalah sistem presensi mahasiswa. Di Indonesia, masih banyak dijumpai perguruan tinggi yang masih menggunakan pengambilan presensi dengan metode konvensional.  Dalam tulisan ini, untuk mengatasi masalah tersebut penulis mengusulkan sistem presensi mahasiswa dengan finger print yang berbasis website. Sistem presensi fingerprint bertujuan untuk menyingkat waktu pada saat proses pengambilan presensi. Selain itu, sistem akan mengurangi tingkat kecurangan mahasiswa terkait kehadiran mahasiswa. Dalam sistem ini, mahasiswa hanya akan diminta untuk mengunggah gambar sidik jarinya untuk menandai kehadiran mahasiswa. Pengembangan sistem ini menggunakan metode waterfall yang melibatkan integrasi dari berbagai teknologi open source berbasis website seperti MySQL, PHP dan Apache Web Server. Nantinya dalam sistem ini, dosen dapat mengetahui berbagai informasi terkait kehadiran mahasiswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan sistem ini dapat menyingkat waktu pada saat melakukan proses pengambilan presensi. Selain itu, mahasiswa juga tidak dapat lagi untuk melakukan kecurangan terkait kehadiran mahasiswa.Kata Kunci: presensi, open source, sidik jari, website.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

dutacom

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Duta.Com is an article journal in the field of Information Technology and Communication, published in February and August are published annually by the Institute for Research and Service, Faculty of Computer Sciences, University Duta Bangsa Surakarta. The aim is to share, develop, facilitate ...